30 Menit olahraga = Investasi seumur hidup

Majalah Money&I - Edisi 107
10 Januari 2019

Majalah Money&I - Edisi 107

Berolahraga dengan sesi pendek cenderung memiliki lebih banyak energi dan motivasi untuk menjalani gaya hidup sehat. / Foto : Jcomp - Freepik.com

Money&I
Apakah Anda termasuk orang yang jarang berolahraga dengan dalih padat jam kerja? Hmmm, sebaiknya Anda menghentikan alasan klise tersebut, karena yang kita butuhkan adalah cukup meluangkan waktu 30 menit saja setiap harinya untuk berolahraga. Ini sudah pasti tidak akan mencederai jam-jam rutinitas penting Anda lainnya. Jika Anda bisa mengoptimalkan waktu olahraga 30 menit tersebut dengan konsisten dan rutin dilakukan, bukan mustahil efek positif akan datang untuk kesehatan fisik Anda.

Mengapa mesti ngotot diperpanjang, kalau waktu olahraga nyatanya bisa dipersingkat? Bahkan sebuah riset terbaru menyatakan bahwa olahraga dalam waktu pendek mampu memberi hasil maksimal, ketimbang olahraga yang dilakukan dalam durasi lama. Para peneliti mempercayai bahwa mereka yang berolahraga dengan sesi pendek cenderung memiliki lebih banyak energi dan motivasi untuk menjalani gaya hidup sehat.

Sementara itu, mereka yang sering menghabiskan satu jam lamanya untuk berolahraga keras malah sering mendapati dirinya merasa lebih lelah, malas dan tidak optimal dalam menjalankan gaya hidup sehat. Sebuah riset yang dirilis oleh Scandinavian Journal of Public Health mencatat bahwa olahraga rutin 30 menit setiap harinya mampu mengurangi berat badan tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan hasil yang dicapai dari latihan rutin selama satu jam sehari.

Dalam penelitian tersebut, para ahli mengamati perkembangan 60 pria Denmark sehat yang mengalami kelebihan berat badan. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, dimana setengah dari mereka melakukan latihan jogging dan bersepeda selama 30 menit. Sementara, setengah lainnya melakukan latihan yang serupa, namun dengan durasi yang lebih panjang, yakni satu jam.

Majalah Money&I dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI