Radikalisasi industri medis

Majalah Money&I - Edisi 113
30 Juli 2019

Majalah Money&I - Edisi 113

Apple tengah mempersiapkan perangkat untuk memproses data medis

Money&I
Dalam laman Kumparan.com, artikel ‘Usaha Para Raksasa Merevolusi Kedokteran Dunia’ memaparkan data menarik, bagaimana sejumlah perusahaan besar kini getol menjadikan dunia kesehatan sebagai salah satu lahan bisnisnya di masa depan.

Apple misalnya, yang beberapa tahun terakhir ini mempersiapkan perangkat untuk memproses data medis, di mana nantinya dalam iPhone, akan menyertakan fitur ‘Health Records’ yang memungkinkan pengguna melihat, mengelola, dan membagikan catatan medis mereka.

Disematkan di aplikasi kesehatan Apple, fitur baru ini akan mengumpulkan data medis dari rumah sakit dan klinik yang berpartisipasi, serta dari iPhone itu sendiri, memberikan jutaan orang kontrol digital langsung dari informasi kesehatan mereka sendiri.

Sementara aplikasi bernama mPower, dibangun oleh Sage Bionetworks, organisasi penelitian nirlaba, mempelajari penyakit Parkinson dengan membuat pengguna iPhone melakukan tugas dan mengukur tremor di tangan mereka menggunakan akselerometer internal ponsel.

Data sejauh ini menunjukkan bahwa platform Apple dapat memungkinkan petugas medis dengan cepat menemukan gejala Parkinson secara digital, melalui internet, bahkan sebelum muncul gejala itu pada pasien. Google, lewat Alphabet, meluncurkan perusahaan perawatan kesehatan ketiga, Cityblock Health, untuk beroperasi bersama Verily, anak perusahaan yang berbasis di San Francisco.

Perusahaan ini mengklaim dapat menggunakan Artificial Intelligence [AI] untuk memprediksi kemungkinan kematian pasien yang dirawat di rumah sakit dua hari lebih awal dari metode saat ini, yang memungkinkan lebih banyak waktu bagi dokter untuk campur tangan. Bahkan Verily sendiri juga tengah mengembangkan upaya memberantas nyamuk, salah satu prosesnya dengan melacak mereka menggunakan GPS.

Majalah Money&I dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI