Moto3 seri VII Catalunya, Spanyol, taktik anti mainstream jorge

Tabloid Motor Plus - Edisi 901
8 Juni 2016

Tabloid Motor Plus - Edisi 901

Bukan, ini bukan soal Jorge Lorenzo. Tapi, Jorge yang disebut di sini adalah rider belia asal Spanyol lainnya, yaitu Jorge Navarro. / Foto : MotoGP

Motor Plus
Bukan, ini bukan soal Jorge Lorenzo. Tapi, Jorge yang disebut di sini adalah rider belia asal Spanyol lainnya, yaitu Jorge Navarro. Yup! Rider berusia 20 tahun tersebut berhasil menang untuk pertama kalinya di seri ketujuh Moto3 yang dihelat di Sirkuit Catalunya, Spanyol (5/6). Kemenangan Navarro datang di race ke-36 sepanjang karirnya di kelas Moto3, setelah melakukan debut sebagai wild card di musim 2012 lalu. Kemenangan ini juga menghentikan dominasi Brad Binder di kelas capung yang meraih kemenangan di tiga race terakhir.

Navarro berhasil menjalankan taktik anti-mainstream, yaitu dengan cara segera menjauh dari rombongan dan tidak mengandalkan aksi curi angin atau slipstreaming. Dengan menjauh dari rombongan, maka Navarro akan mendapatkan keuntungan tidak terkena aksi slipstreaming dari rider lain di trek lurus Catalunya yang memiliki panjang 1,047 km. “Sejak awal sesi latihan, saya mendapatkan instruksi untuk bisa meraih kecepatan dan best time meskipun sedang riding sendirian. Tapi, tidak dengan cara melakukan slipstream seperti yang dilakukan banyak rider lain demi mencari best time,” ungkap Navarro.

Selain itu Honda juga menyiapkan paket update terbaru untuk melawan KTM yang mendominasi hingga seri ketujuh seri Moto3. “Di seri ini, Honda juga membawa paket update terbaru untuk semua rider. Dengan update di motor, saya merasa mendapatkan feeling lebih untuk lebih percaya diri meraih kemenangan,” tambah Navarro yang menggunakan nomor start 9. Pimpinan klasemen sementara, Brad Binder sendiri mengakui kekalahannya dari Navarro di seri Catalunya kali ini. “Untuk saat ini, kami tidak memikirkan soal hasil setelah akhir pekan yang berat dengan kematian Luis Salom. Yang terpenting, hasil ini masih mengamankan rentetan podium setelah balapan yang berat dan juga posisi puncak klasemen,” ucap Binder yang masih memimpin klasemen dengan raihan 147 poin.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI