Bedah teknologi All New Honda CBR250R , yuk, intip sebelum meminang!

Tabloid Motor Plus - Edisi 909
3 Agustus 2016

Tabloid Motor Plus - Edisi 909

Di edisi minggu lalu Em-Plus sudah paparkan mengenai beberapa fitur dan teknologi motor sport terbaru Honda, yakni All New CBR250RR. Nah, kali ini akan dibeberkan lagi beberapa fitur dan teknologi lainnya, yang mungkin bisa jadi panduan sobat yang berencana meminangnya. Yuk, kita intip lebih dalam, sob! / Foto : GT & Dok. MOTOR Plus

Motor Plus
Di edisi minggu lalu Em-Plus sudah paparkan mengenai beberapa fitur dan teknologi motor sport terbaru Honda, yakni All New CBR250RR. Nah, kali ini akan dibeberkan lagi beberapa fitur dan teknologi lainnya, yang mungkin bisa jadi panduan sobat yang berencana meminangnya. Yuk, kita intip lebih dalam, sob! BODY Sobat bikers mungkin ada yang sepakat bila Honda menyebut desain bodi pada CBR250RR ini mengusung konsep ‘Speed Shape’. Yup, mulai dari depan hingga buritannya memang kental sekali garis-garis tajam dan lekukan yang mengesankan segi erodinamiknya. Sporty agresif.

Bahkan kalau bro perhatian bagian bawah fairing tengahnya, terdapat semacam winglet di kiri dan kanan. Itu bukan hanya sekedar hiasan aja loh bro. “Fungsinya untuk aerodinamis. Akan sangat terasa saat motor berlari cepat,” tukas Koji Sugita, Direktur Marketing AHM. Mesin Compact Seperti sudah disebutkan kemarin, dapur pacu 2 silinder berkode K64 yang diusung CBR250RR, berdimensi compact kayak mesin 1 silinder generasi sebelumnya. “Ini yang membuat bobot motor bisa dipangkas banyak,” terang Handy Hariko, Senior Manager Trainging Departemen PT Astra Honda Motor (AHM).

Untuk membuat compact dimensi mesin itu, tentu ada beberapa trik yang dilakukan. Antara lain dengan menempatkan posisi cam chain alias rantai keteng di sebelah kanan mesin. Itu pun gigi sentriknya ditempatkan di sebelah primary gear. Tak lagi di sisi bandul seperti mesin kebanyakan, yang biasanya ‘makan’ ruang, sehingga bikin dimensi mesin jadi melar dan makin berat. Tak cuma itu, guna memangkas ruang, mekanisme pengungkit kopling pun ditempatkan di sisi kiri mesin dekat gir depan, dengan sistem tonjok. Lalu untuk water pump buat sistem pendingin cair (radiator), diposisikan di silinder head sebelah kiri, yang menurut pihak Honda sistemnya mirip kayak di Honda RC213V Silinder Untuk info berapa bore x strokenya, pasti sudah banyak yang tahu kan?

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI