MotoGP, seri XI, Brno-Rep. Ceko, Crutchlow menang judi

Tabloid Motor Plus - Edisi 912
24 Agustus 2016

Tabloid Motor Plus - Edisi 912

Lagi-lagi, dewi fortuna pada seri XI MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Brno, Rep. Ceko, Minggu (21/8) jatuh kepada pembalap yang berani ambil risiko. Pada ekonomi ada istilah high risk high return, risiko tinggi keuntungan tinggi. / Foto : dppi, peugeot moto rcycle

Motor Plus
Lagi-lagi, dewi fortuna pada seri XI MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Brno, Rep. Ceko, Minggu (21/8) jatuh kepada pembalap yang berani ambil risiko. Pada ekonomi ada istilah high risk high return, risiko tinggi keuntungan tinggi. Di Brno ternyata istilah ini berlaku. Pembalap berani ambil resiko dalam strategi penggunaan ban mendapat ganjaran tinggi pula. Dari 20 rider, sebanyak 16 pembalap atau 80 persen memilih ban tipe soft di depan-belakang. Dua pembalap memilih ban kombinasi yang nanggung, soft-hard depanbelakang yaitu Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Sedangkan dua pembalap memilih tipe ban depanbelakang hard yaitu Cal Crutchlow dan Loris Baz.

Di sinilah perjudian dimulai, rider yang memilih ban depanbelakang soft punya pertimbangan berdasarkan pengalaman saat balapan hujan. “Jujur saja, saya berharap lintasan akan kering dengan cepat. Itu alasanku kenapa pilih ban soft-soft,” ungkap Marc Marquez. Dengan lintasan yang mongering itu, maka, balapan akan dilakukan secara flag to flag. Pembalap dengan ban soft-soft berharap ngacir di awal dan di pertengahan ganti motor sesuai dengan kondisi trek kering. “Saya akan ngepush sejak bendera start dikibarkan. Kemudian ganti ke ban slick. Ehh.., ternyata kondisi trek masih basah. Balap lanjut,” ungkap Marc.

Pembalap Spanyol ini sebelumnya berharap ingin mengulangi kesuksesan saat gelaran hujan seperti yang terjadi di seri 9 Sachsenring, Jerman. Namun, ternyata kondisi berbeda. “Ya.., poin 16 udah maksimal kok,” bilang pembalap bernomor 93 ini. Pembalap sekaliber Valentino Rossi pun juga puyeng mencermati kondisi cuaca. Amannya tentu dengan menggunakan ban soft-soft yang lebih ngegrip di trek basah. “Saat warming up saya melihat ke lintasan, kondisinya sangat basah. Saya bahkan berbicara dengan Pascal Couasnon (Direktur Motorsport Michelin), dia sendiri bingung mau menentukan ban yang akan digunakan, karena semua pembalap juga saling ngintip soal pilihan ban,” jelas The Doctor.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI