Bersihin knalpot motor 2-tak gak perlu dibakar

Tabloid Motor Plus - Edisi 915
15 September 2016

Tabloid Motor Plus - Edisi 915

Pada motor 2-tak, urusan knalpot kadang bisa jadi sensitif. Soalnya, kinerja mesin 2-tak yang menggunakan oli samping, setelah proses pembakaran seringkali meninggalkan deposit atau kerak di saluran gas buang / Foto : Teguh

Motor Plus
Pada motor 2-tak, urusan knalpot kadang bisa jadi sensitif. Soalnya, kinerja mesin 2-tak yang menggunakan oli samping, setelah proses pembakaran seringkali meninggalkan deposit atau kerak di saluran gas buang. Jika sudah terlalu banyak kerak di saluran knalpot, bikin motor jadi ngeden dan putaran mesin nahan di atas. Jalan satu-satunya dibersihin. Istilah kerennya decarbonizing. Nah, banyak cara yang biasa dilakukan untuk membersihkan knalpot. Mulai dari dibakar, dirojok, hingga pake alat khusus buat membersihkan knalpot dengan sistem vakum.

Kebanyakan mekanik lebih suka pakai teknik bakar. Sayangnya, bikin knalpot jadi nggak sedap dipandang. Lataran merusak lapisan chrome atau cat knalpot. Bahkan pada beberapa kasus, knalpot sampai dibelah buat ngilangin kerak di dalamnya. Kemudian dilas lagi ke bentuk semula. Bila las-lasannya kurang rapi, mengganggu estetika dari knalpot itu sendiri. Nah, ada cara lain yang tidak merusak. Yaitu pake soda api. “Dimasukin ke perut knalpot Larutan soda api punya sifat bisa ngancurin kotoran atau kerak membandel,” ungkap Panud, anggota Scooter Temanggung Club (Jawa Tengah) yang pernah nerapin cara ini pada knalpot Vespa PX miliknya.

Soda api bisa didapat di toko bangunan, plus air. Oh iya, sebelum proses pengerjaannya, sobat jangan lupa pakai sarung tangan yang tahan air dan panas. Karena efek soda api kalo kena kulit, terasa panas dan gatal. Berikutnya, copot knalpot dari motor. Abis itu campur soda api dengan air dalam botol dengan perbandingan 1 : 2 untuk airnya. Tanda kalau soda api sudah bereaksi dengan air, adalah mulai berbuih dan cairannya terasa panas. Masukkan soda api dari silencer dan goyang-goyangkan knalpot sampai kira-kira larutan soda api membasahi semua ruang dalam perut knalpot. Indikatornya kalau udah rata, bisa diliat dari suhu perut knalpot yang mulai panas merata di seluruh permukaannya. Tunggu sampai soda api selesai bereaksi, tandanya suhu di knalpot sudah mulai turun.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI