Test ride Kawasaki Z125 dan KSR Pro, tak semungil yang dikira

Tabloid Motor Plus - Edisi 916
21 September 2016

Tabloid Motor Plus - Edisi 916

Desain dua motor ini dibikin berbeda. Kawasaki Z125 mengadopsi mini naked sport bergaya Z1000. sedangkan KSR Pro bernuansa supermoto mini, layaknya D-Tracker X 250 / Foto : Yudi

Motor Plus
Desain dua motor ini dibikin berbeda. Kawasaki Z125 mengadopsi mini naked sport bergaya Z1000. sedangkan KSR Pro bernuansa supermoto mini, layaknya D-Tracker X 250. Soal harga, juga berbeda. “Harga KSR Pro dibanderol Rp 27,2 juta dan Z125 Rp 30,8 juta,” ucap Michael C. Tanadhi, Deputy Head Sales and Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Kalau sobat beranggapan dua motor ini kecil dan mungil, eitss.. simpan dulu anggap itu. Sebenarnya, tinggi dan panjangnya enggak jauh beda dengan motor matic atau bebek di Indonesia. Hanya saja, desain yang berbentuk sport dan lingkar roda 12 inci seperti menyihir mata untuk membuat otak bilang motor ini kecil.

Padahal enggak bor, suer dah.. Yuks kita gaspol! Tes Bahan Bakar, Untuk menguji konsumsi bahan bakar Kawasaki Z125 dan KSR Pro, motor diajak jalan oleh rider berbobot 55 kg dengan tinggi badan 169 cm. Metode pengujian yang dilakukan full to full dengan rute Kebon Jeruk, Jakarta Barat – Depok, Jawa Barat – Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Kondisi jalan bervariasi, ada yang padat, lengang hingga macat khas jalur perkotaan. Perlakukan pada motor dibuat sama. Bukaan gas normal mengikuti kondisi jalan. Untuk kecepatan maksimum keduanya dibatasi pada kecepatan 80 km/jam. Bahan bakar yang digunakan juga sama-sama menggunakan Pertamax. Nah, silakan intip sendiri hasilnya di tabel.

Riding Impression, Tinggi KSR Pro dan Z125 hampir sama. KSR Pro tingginya 1.020 mm dan Z125 1.005 mm. Cuma beda 50 mm alias 5 cm dari tinggi motor matic paling laris di Indonesia sob! Soal posisi riding, rider dengan tinggi 169 cm, bisa memijakan kaki sempurna ke aspal saat duduk di atas jok KSR Pro ataupun Z125. Maklum, kedua motor ini punya sok belakang empuk yang turun lumayan banyak ketika diduduki. Makanya, tumpuan ke tanah bisa sempurna. Ngomongin soal sensasi riding, KSR Pro dan Z125 masing-masing punya ciri khas. Dimulai dari KSR Pro. Motor ini punya suspensi depan-belakang yang lembut khas motor bergaya supermoto.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI