WSBK seri X, Lausitzring, Jerman, hujan bawa area tetap menjauh

Tabloid Motor Plus - Edisi 916
21 September 2016

Tabloid Motor Plus - Edisi 916

Pembalap tim Kawasaki WSBK, Jonathan Rea bisa jadi rider paling beruntung musim ini. / Foto : World SBK

Motor Plus
Pembalap tim Kawasaki WSBK, Jonathan Rea bisa jadi rider paling beruntung musim ini. Pasalnya hujan yang turun jelang race kedua di Sirkuit Laustzring, Jerman. Minggu (18/9) membuatnya tetap kokoh di puncak klasemen pembalap. Akibat hujan di race kedua dimana Rea berhasil meraih kemenangan, rival terberat sekaligus rekan setimnya Tom Sykes justru terjatuh di lap pembuka yang diikuti Davide Giugliano dan Lorenzo Savadori. Meskipun Sykes masih mampu membawa Kawasaki ZX-10R miliknya finish di posisi 12. Namun Sykes harus rela gap antara poin miliknya dan Rea kembali menjauh menjadi 47 poin. Padahal di race pertama, Sykes sempat memangkas jarak dengan Rea menjadi 26 poin usai finish di urutan kedua di belakang rider tim Ducati, Chaz Davies.

Sementara, Rea sendiri gagal finish di race pertama WSBK Lausitzring akibat masalah transmisi yang membuatnya terjatuh. Sykes sendiri mengakui kegagalannya di race kedua untuk murni kesalahannya. “Memang saya sempat menempel dengan 26 poin saja dan sekarang sudah 47 poin lagi. Positifnya adalah di tiga race sebelumnya kami berdua dipisahkan 71 poin dan masih ada tiga balapan lagi musim ini,” tutur Juara Dunia WSBK 2013 itu.

Rea mengakui kemenangan di Lausitzring kali ini menjadi salah satu kemenangan penting demi meraih gelar juara dunia keduanya secara beruntun. Pasalnya di dua balapan terakhir, Rea gagal meraih satupun poin. “Rasanya seperti membayar lunas semua poin yang hilang di dua balapan terakhir. Setelah lampu start dipadamkan saya hanya berfokus menjaga ritme balapan. Kemenangan kali ini rasanya seperti kemenangan paling penting sepanjang karir balap saya,” bilang pembalap Inggris itu. Sejauh ini Rea sudah mengoleksi 9 kemenangan dan meraup 393 poin. Sementara, Sykes baru meraih 5 kemenangan dan menghasilkan 346 poin.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI