Tren Yamaha Cuzztomax, lagi ngehits banget di pecinta NMAX

Tabloid Motor Plus - Edisi 918
19 Oktober 2016

Tabloid Motor Plus - Edisi 918

Wow.. banyak banget tren yang booming di kalangan penggguna Yamaha NMAX. Hal itu terjaring dalam event Yamaha Cuzztomax bikinan Yamaha dan MOTOR Plus di acara Bursa Motor (BurTor) 2016 lalu (23-24/9) di parkir Timur, Senayan, Jakarta Pusat. Tim MOTOR Plus coba merangkumnya tren yang lagi ngehits banget di pecinta NMAX. Cekdiot!

Motor Plus
Tren Cover CVT Bagian cover CVT Yamaha NMAX standar terlihat datar tanpa hiasan apapun. Nah, di BurTor 2016 kemarin di Parkir Timur, Senayan, Jakarta Pusat, modifikator mengakali bagian ini agar terlihat lebih manis. Salah satunya memasangkan variasi anodized yang menjadi tren baru di motor berkapasitas mesin 155 cc ini. “Part variasi itu sebenarnya bukan buat NMAX dan bukan buat cover CVT. Aslinya cover fan untuk Yamaha Mio atau Nouvo. Diakali sedikit dan dipasang di cover CVT NMAX ternyata kelihatan keren juga,” ucap Billy dari bengkel modifikasi Billy Custom.

Untuk memasangnya, bisa langsung plek pakai lem. Namun, jadi rawan copot dan rawan diambil orang. Makanya, modifikator lebih memilih untuk memasangkan baut yang tertanam ke cover CVT. “Di part variasinya itu sudah ada tiga baut pengikat kecil yang menyatukan bagian krom dan pinggirnya. Baut itu diganti yang lebih panjang agar bisa masuk ke cover CVT yang sudah dibor seukuran baut. Kalau sudah dibaut jadi enggak was-was cover fan bakal jatuh,” tambah Billy. Harga cover fan sendiri cukup beragam di pasaran. Umumnya dibanderol dengan harga Rp 200 - 300 ribu, tergantung model dan merek. Silakan pilih aja sendiri sesuai selera.

Tren Knalpot Ninja 250 Sobat yang memodifikasi Yamaha NMAX bergaya turing bisa coba nih pasang knalpot Kawasaki Ninja 250. Dimensi silencer knalpot Ninja 250 yang besar dan pipih terlihat pas saat dipasang di NMAX. Beberapa modifikator telah mengadopsi trik ini di motor mereka yang mejeng pada kontes modifikasi Cuzztomax di BurTor 2016 lalu di Parkir Timur, Senayan, Jakarta Pusat. “Tentu enggak bisa langsung pasang. Harus disesuaikan bagian header (Leher knalpot) dan juga pipa di dalam silencer. Ukuran pipa dikecilkan dan disesuaikan dengan kapasitas mesin. Susah kalau dikerjakan sendiri. Mending bawa ke tukang knalpot biar mereka yang membuatkan hitungannya,” ucap Nathaniel Tjandra, yang sudah aplikasi knalpot Ninja 250 di NMAX miliknya.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI