Kibarkan merah putih di negara Matahari Terbit

Tabloid Motor Plus - Edisi 953
14 Juni 2017

Tabloid Motor Plus - Edisi 953

Angin kencang turut mengkibarkan bendera Merah Putih di dua race kelas Asia Production 250 cc Asia Road Racing Championship yang pentas di sirkuit Suzuka. / Foto : Ajie

Motor Plus
Jepang (03-04/06). Merah Putih berkibar di atas podium tertinggi sirkuit legendaris Negeri Matahari Terbit itu melalui kiprah Gerry Salim. Untuk mengkibarkan bendera, angin kencang memang bagus. Tetapi, untuk berpacu dengan motor kala balap, tentu bukan sesuatu yang diharapkan. Namun, itu yang terjadi ketika balap motor sport 250 cc massal itu dipentas. Terutama di sesi kualifikasi dan race 1.

Akan butuh kerja keras untuk melakukan seting, terlebih Gerry dan timnya yang Astra Honda Racing Team (AHRT) itu tidak memiliki data balap sebelumnya. Sebab, baru tahun ini dirinya dan juga Honda CBR 250RR balap di kelas AP250. “Terasa sekali ketika keluar-masuk tikungan 3-5. Ini membuat seting motor harus lebih cermat,” ungkap Gerry yang bisa dibilang butuh penyesuaian seting berbeda di tiap race.

Seperti halnya dari race 1 ke race 2, tekanan suspensi depan dibuat sedikit lebih lembut agar motor bisa lebih stabil dan ‘menurut’ ketika diajak rebah. Selain angin, perubahan suhu yang cepat juga membuat seting tekanan angin ban juga berbeda di tiap race. Sesi kualifikasi yang digelar pagi hari, suhu udara bermain di 21 derajat Celcius dengan suhu aspal lintasan 31,2 derajat Celcius.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI