Kampung adat Kuta, adem asri dan pertahankan kearifan lokal

Tabloid Motor Plus - Edisi 955
19 Juni 2017

Tabloid Motor Plus - Edisi 955

Kampung Adat Kuta merupakan kampung yang masih panceg mempertahankan kearifan lokal dengan melestarikan adat budaya leluhur. / Foto : Yeyep

Motor Plus
Ditemani Riki Suryana dari Galuh Sadulur dan juga aktif di Nonoman Galuh, MOTOR Plus melakukan perjalanan menuju Kampung Adat Kuta di Desa Karangpaningal, Tambaksari, Ciamis, Jawa Barat. Menurut informasi, merupakan kampung yang masih panceg mempertahankan kearifan lokal dengan melestarikan adat budaya leluhur.

Kampung Adat Kuta salah satu dusun di Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Memiliki luas wilayah 185,195 hektar, salah satu batas wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Di dalam Kampung Kuta terdapat hutan laranganga seluas 42,886 hektar.

Berboncengan kami menikmati indahnya pemandangan. Dari Ciamis kurang lebih 50 km dan membutuhkan waktu 1,5 jam santai. Dalam perjalanan Riki bercerita kearifan lokal. Pengkuh dan panceg-nya warga melestarikan budaya leluhur Kampung Kuta, pada tahun 2002 memperoleh penghargaan Kalpataru dari Presiden Indonesia.

Riki yang berhubungan baik dengan ketua adat, mempermudah akses komunikasi MOTOR Plus lebih mengenal tentang kampung yang di dalamnya tidak ada satupun rumah permanen atau tembok. Di pintu gerbang Kampung Adat Kuta, kami istirahat dan Riki komunikasi dengan ketua adat. Sebelum masuk kami sempatkan memakai iket.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI