Ubah Yamaha Xeon karbu jadi injeksi, pakai injeksi kejar arit

Tabloid Motor Plus - Edisi 956
21 Juni 2017

Tabloid Motor Plus - Edisi 956

Xeon miliknya masih aplikasi sistem karburator. Tidak seperti Xeon RC yang sudah injeksi. / Foto : Ryan

Motor Plus
Afrizal yang kesehariannya memacu Yamaha Xeon, ingin tampil beda dengan mengaplikasi sistem pengabut bahan bakar injeksi. Maklum, Xeon miliknya masih aplikasi sistem karburator. Tidak seperti Xeon RC yang sudah injeksi. “Gue ubah jadi injeksi, biar konsumsi bensin pun lebih irit dan tak perlu seting karbu lagi,” ucap Rizal yang tinggal di Pangkalan 1, Bantar Gebang, Bekasi Selatan, Jawa Barat.

Mau tau apa saja ubahan yang sudah menghabiskan dana Rp 3,5 juta ini, simak sob. Part pengganti karbu, mengadopsi kepunyaan adik kandungnya yakni Xeon RC. “Throttle body dan kawankawannya gue pakai Xeon RC agar bisa langsung bolt on,” tambah pria yang juga tergabung di komunitas Matic 17 Kota Bekasi.

Untuk injektor pun juga mengambil kepunyaan Xeon RC tanpa dilakukan penggantian dengan debit yang lebih deras. injeksi, pick up pulsernya banyak karena juga sebagai sensor, kalau asli Xeon lama hanya 1 tonjolan pick Agar gak ke tukang bubut untuk ubah ini itu, doi juga mengadopsi head silinder dan blok silinder pakai Xeon RC.

Dengan menggunakan ini, dudukan intake pun langsung bisa klop. Enaknya lagi, pelatuk klep Xeon RC sudah memakai roller, jadi gesekan dengan noken as jadi lebih minim. Agar aliran makin lancar, dilakukan porting polish di lubang in dan ex. Maklum, motor ini juga dipakai untuk turing jauh. Supaya bisa ngebut, sob.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI