Hitung biaya bikin motor supermoto

Tabloid Motor Plus - Edisi 961
9 Agustus 2017

Tabloid Motor Plus - Edisi 961

Buat yang doyan main motor dual purpose, pasti ada yang tertarik buat ikutan balap. / Foto : Uje, Yudi

Motor Plus
Hadirnya Kejurnas Supermoto tahun ini bikin pamor motor supermoto semakin tinggi. Buat yang doyan main motor dual purpose, pasti ada yang tertarik buat ikutan balap. Kalau motornya masih standar, yuk dirinci apa saja yang harus dimodifikasi dan berapa biayanya. Untuk awal, kita rinci bikin motor untuk kelas SM 175 Prospeed. Basis motor yang dipakai trail 150 cc.

Buat ikut balap Supermoto, yang pertama harus ganti pelek dan ban. Diameter pelek wajib 17 inci. Lebar pelek depan 110 atau 130 dan lebar pelek belakang 250 atau 300. “Kalau harga pelek tergantung merek dan kualitas juga. Mau yang agak murah tapi lumayan kuat bisa pakai merek Expedition. Pelek berikut jari-jari depan dan belakang cuma Rp 1,250 juta.

Teromolnya pakai bawaan motor saja,” ucap Hasan dari toko Aneka Jaya yang jual berbagai barang trail di Jl. Kebon Jeruk III No. 25, Kota, Jakarta Barat. Lanjut ke bagian mesin. Untuk kelas SM 175 Prospeed, boleh di-bore up atau stroke up hingga kapasitas mesin maksimal 180 cc. Paling gampang bisa pasang paket bore up yang banyak tersedia di pasaran.

Paket bore up dengan ukuran piston 63 mm atau 64 mm bisa ditebus dengan harga Rp 800 ribu – 1,5 juta tergantung merek. “BRT-Bintang Racing Team lagi ada promo untuk head KLX 150. Head dengan sitting klep albronze, klep hollow ukuran bebas dan porting cuma Rp 2,350 juta. Promo sampai 30 September 2017,” tambah Pipit marketing BRT.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI