MotoGP seri XI, red bull ring - Austria

Tabloid Motor Plus - Edisi 963
18 Agustus 2017

Tabloid Motor Plus - Edisi 963

Lagi-lagi kemenangan di kelas capung menjadi milik rider asal Spanyol. / Foto : Leopard natural, ducati

Motor Plus
Lagi-lagi kemenangan di kelas capung menjadi milik rider asal Spanyol, Joan Mir. Sepintas ia terlihat seperti menang mudah di Sirkuit Red Bull Ring, Austria (13/8) karena jarak antara Mir dan Philipp Oettl saat finish mencapai 3 detik. Namun, di sini Mir membuktikan bahwa ia patut disebut sebagai salah satu calon bintang MotoGP di masa depan.

Start dari urutan 10, Mir sudah memimpin balapan di lap keenam dan tidak tersentuh hingga bendera finish dikibarkan. Kemenangan di Austria memperpanjang catatan kemenangannya menjadi tujuh kemenangan. Sejak tahun 1990, di kelas 125 cc atau Moto3 hanya Valentino Rossi yang bisa mencatatkan kemenangan lebih baik dari Mir di sebelas seri awal, yakni sembilan kemeanangan di tahun 1997 atau 20 tahun yang lalu.

Mir sendiri mengakui motornya memiliki keunggulan di sisi pengereman plus akselerasi. Sangat cocok dengan karakter trek Red Bull Ring yang ada tikungan patah dan straight pendek. “Awalnya kami sedikit pesimis ditambah dengan start yang buruk. Tapi saya percaya, pengereman kami lebih baik ketimbang rival, sehingga titik pengereman bisa lebih dekat,” ucap sang calon bintang baru.

“Tapi setelah lap demi lap, motor jadi lebih nyaman lagi digunakan. Saya langsung berpikir untuk menambah gap terus menerus dan pada akhirnya saya baru sadar bisa membuat gap sebesar 3 detik saat finish,” lanjutnya. Keunggulan Mir, kini membengkak menjadi 64 poin dari rider Italia, Romano Fenati. Fenati sendiri hanya mampu memperoleh tiga poin usai finish di urutan 13. Nampaknya, pesta Mir untuk meraih gelar juara sudah semakin dekat. Uje

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI