Psycho Engine Kalabendu 2017, karya anak bangsa 95% handmade

Tabloid Motor Plus - Edisi 971
12 Oktober 2017

Tabloid Motor Plus - Edisi 971

Mesin yang ia buat, mengusung V-Twin Engine. / Foto : Silo

Motor Plus
Indonesia punya merek motor sendiri! Motor yang diberi nama Psycho Engine Kalabendu ini 95 persen dibuat oleh bengkel Psyco Engine asal Purwokerto, Jawa Tengah. “Sudah bosen kalau hanya menggabungkan satu mesin jadi multi silinder! Sekarang saya bikin dari nol hingga jadi motor,” ungkap M. Yusuf Adib Mustofa, owner Semangat Putra Motor ‘Psycho Engine’. Mesin yang ia buat, mengusung V-Twin Engine.

Tapi tidak 45 derajat seperti Harley-Davidson, mesin ini punya konvigurasi sudut mesin 43 derajat. Konon katanya, sebagai pembeda antara mesin bikinan Amerika dan bikinan Purwokerto. “Supaya enggak disangka niru!” kekeh Yusuf. Yuks.. kita kupas tuntas motor kustom hasil karya anak bangsa! Panji

CRANKCASE DAN KARTER OLI. Dimulai dari bagian bawah. Crankcase Yusuf membuatnya dari bahan alumunium yang dilebur dari crankcase bekas. Setelah dilebur, kemudian dicetak dan dibubut untuk rumah kruk as, balancer, pompa oli dan lainnya. Bentuk crankcase terbilang simple, karena penyimpanan oli dibuat terpisah.

Tengok saja di bagian depan mesin, ada dua tabung sebagai penyimpan oli. “Satu tabung bisa muat 1 liter, jadi totalnya 2 liter. Untuk mengalirkan dan menyedot oli ini, disematkan dua buah pompa oli di kruk as. Tepatnya ditanam di crankcase kiri dan kanan,” sahut builder yang tahun lalu ikut memajang karyanya di ajang Mooneyes Jepang.

KAPASITAS MESIN 813 CC. Di dalam crankcase ini terdapat kruk as bikinan yang terbuat dari bahan besi dengan berat 3 kg. Kruk as tadi berfungsi memutarkan dua setang piston milik Harley-Davidson Sporster dengan stroke 100 mm. “Stroke ini dikawinkan dengan piston 72 mm, milik Honda Excellent. Perbandingan kompresi masih di angka 9:1, idealnya 10:1,” ucap Yusuf.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI