Regional launch Yamaha All New V-ixion R, cuma naik 5 cc performa melonjak!

Tabloid Motor Plus - Edisi 971
12 Oktober 2017

Tabloid Motor Plus - Edisi 971

All New V-ixiob menggendong mesin 155 cc mirip dengan All New R15. / Foto : Indramawan

Motor Plus
All New V-ixion R baru saja diperkenalkan PT Surya Timur Sakti Jatim (STSJ), main dealer Yamaha di Jawa Timur, Jumat lalu (06/10) di Saddle Café, Jl. Wiyung, Surabaya. All New V-ixiob menggendong mesin 155 cc mirip dengan All New R15. Kapasitas mesin ini hanya 5 cc lebih besar. Namun demikian, performa yang dihasilkan cukup besar.

Tenaga maksimum All New V-ixion R mencapai 14,2 Kw (19,31 PS) pada 10.000 rpm. Sementara All New V-ixion 12,2 Kw (16,59 PS) pada 8.500 rpm. Begitu pula torsinya. All New V-ixion R bisa 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Sementara All New V-ixion 14,5 Nm pada 7.500 rpm. “Meski kapasitas mesin hanya terpaut 5 cc saja, namun perbedaan performa sangat signifikan,” buka Ilham Wahyudi, GM Service PT Surya Timur Sakti Jatim & PT Roda Sakti Surya Megah.

“Bisa begitu karena All New V-ixion R dilengkapi teknologi Variable Valve Actuation (VVA), sehingga torsi dan power mesin bisa maksimum di semua putaran mesin (rpm).” Dijelaskan lebih lanjut oleh Ilham, intake high rocker arm ini bekerja pada 7.400 rpm ke atas,” lanjut Ilham sambil menambahkan, permukaan intake high rocker arm yang bersentuhan dengan camshaft ini dilapisi DLC (Diamond Like Carbon), sehingga lebih kuat dan licin demi memperkecil friksi atau rendah gesekan.

Ubahan yang dimaksud, ada pada area intake manifold. “Kami menggunakan throttle body lebih besar, yaitu 30 mm. Juga injektor dengan 10 lubang, intake port berbentuk elips dan juga filter udara kapasitas lebih besar. Secara singkat tujuannya adalah supaya pasokan udara dan bahan bakar ke ruang bakar lebih besar,” jelas Ilham.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI