Reset ECU Yamaha NMAX yang error usai ganti aki, muncul jika daya aki habis

Tabloid Motor Plus - Edisi 974
2 November 2017

Tabloid Motor Plus - Edisi 974

Hal tersebut bisa terjadi, lantaran motor yang menggunakan aki kering kehabisan dayanya. / Foto : Ridopras

Motor Plus
Saat ini kebanyakan motor keluaran terbaru sudah menggunakan aki kering, tujuannya agar tidak repot melakukan perawatan terhadap aki tersebut. Namun jika motor tidak digunakan atau minimal dihidupkan, pengisian daya aki tidak bekerja dengan baik atau drop. Hal tersebut bisa terjadi pada Yamaha NMAX lantaran sang pemilik tidak menggunakan atau menghidupkan motornya sama sekali selama 1 – 2 minggu.

Dan ketika akan dihidupkan, aki tersebut tidak dapat bekerja dengan normal, karena tidak ada daya pengisian listrik ke aki tersebut. Masalahnya tidak sampai di situ bro. Setelah pemilik motor sudah menggantinya dengan aki baru, ternyata indikator engine check pada speedometer malah menyala, walaupun mesin normal dan hidup kembali.

Mesin motor memang dapat dihidupkan dengan normal, tetapi karena indikator engine check nyala, biasanya pemilik motor menjadi risih dan merasa bahwa motornya jadi bermasalah. “Kejadian seperti ini memang pernah gue temui beberapa kali. Caranya mudah dan usah khawatir bro!

Bawa saja ke dealer Yamaha terdekat, nanti akan kami atasi errornya dengan diagnosa kerusakan dan direset menggunakan Yamaha diagnostic tools,” ucap Dony mekanik Yamaha Deta Lebak Bulus. Hal tersebut bisa terjadi, lantaran motor yang menggunakan aki kering kehabisan dayanya. Dan ketika aki kehabisan daya, otomatis aliran listrik yang terhubung dengan komponen motor pun ikut mati total.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI