Upgrade Kawasaki Ninja 150R 2013, modif simpel 28 HP buat harian

Tabloid Motor Plus - Edisi 975
10 November 2017

Tabloid Motor Plus - Edisi 975

Di motor 2-tak seperti Yamaha RX-King dan Kawasaki Ninja dilengkapi tabung yang terhubung ke intake manifold. / Foto : Aong

Motor Plus
Felix Ferdinand menggunakan Kawasaki Ninja 150 untuk harian. Namun supaya tenaganya galak, dilakukan upgrade yang simple saja. Tapi, hasilnya tidak sia-sia. Power motor melonjak sampai lebih dari 28,18 HP. Padahal kondisi standar berada di angka sekitar 23,73 HP.

Power segede itu setelah dilakukan pengukuran menggunakan dinotes merek Dinojet 250i di speed shop Motoprime. Alamatnya di Jl. Jalur Sutra Kav. 29B, No. 42, Alam Sutera, Tangerang Selatan. Apa saja yang dimodif. Aong

Head papas. Pekerjaan paling susah hanya papas head. Maksudnya untuk mendongkrak rasio kompresi. Supaya power bawah mudah dikail karena dipakai untuk harian. “Cukup dipapas 0,8 mm. Namun hasil akhir kompresinya tidak tahu.

Karena dikerjakan di bengkel Biker Spot di Jl. Semanan, Jakarta Barat,” jelas Ferdinand yang tinggal di Bekasi ini. Sayangnya Ferdinand tidak tahu rinci, lebar squish dan kemiringan squish juga tidak tahu. Intinya hanya tahu papas 0,8 mm.

Kalbu 38 mm. Extrem memang karena karburator menggunakan ukuran sangat gambot. “Pakai Mikuni TM 38 mm. Ini milik Yamaha YZ125 tipe lawas,” jelas Ferdinand yang berkulit putih itu. Untuk pasang karbu segede itu harus ganti intake manifold. Sudah pasti gak muat jika mengandalkan karet intake standar. Bukan hanya jeber, dipastikan dower dan robek seperti dicocor bebek.

Intake manifold menggunakan buatan BPro Racing karya Bos Tobir asal Tangerang itu. Terbuat dari aluminium yang diproduksi dengan mesin CNC dan las argon. Dijual masal dan banyak dipakai pengguna Ninja karbu segede gajah yang tidak mau jeber dan dower.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI