Honda CB150R 2013, akalin wiring jadikan flat track

Tabloid Motor Plus - Edisi 982
5 Januari 2018

Tabloid Motor Plus - Edisi 982

Sebab kabel CB150R di bagian depan yang mengarah ke lampu depan dari holder kanan-kiri, terkoneksi jadi satu. / Foto : Indramawan

Motor Plus
Mengubah Honda CB150R yang punya basic design naked bike jadi flat track, Yohanes Marse alias Anes, punggawa Jowo Kustom yang ada di kawasan Jl. Lontar, Surabaya, Jawa Timur ini harus memikirkan cara untuk menyembunyikan wiring (penataan kabel kelistrikan), supaya motor tampak bersih minimalis layaknya motor balap di trek oval berpasir itu.

“Sebab motor ini masih dipakai harian, sehingga motor harus tetap fungsional seperti aslinya. Jadi sedikit masalah, karena CB150R menggunakan injeksi yang punya banyak sensor, sehingga ada banyak soket dan kabel yang harus disembunyikan supaya terlihat rapi,” buka Anes. Indramawan

COVER DARI PLAT. Untuk itu, bagian bawah tangki dijadikan tempat persembunyian kabel. “Selain itu juga dibuatkan cover tambahan dari plat yang dikrom, yang kemudian dipasang di depan tangki atau di bawah segitiga atas untuk tempat menyembunyikan kabel,” tunjuk Anes.

HEADLAMP MODEL FLOOD LIGHT. Masalah baru muncul, ketika keinginan mengganti lampu bawaan dengan LED sorot atau flood light yang dibuatkan rumah model papan nomor start dari plat 1,2 mm, seperti umumnya flat track. Sebab kabel CB150R di bagian depan yang mengarah ke lampu depan dari holder kanan-kiri, terkoneksi jadi satu.

“Nah.., kebetulan kabel di bagian ini panjang banget, hampir 30 cm. Jadi masalah ketika headlight bawaan tidak kita pakai lagi. Ada sisa kabel yang susah disembunyikan. Akhirnya kita putuskan memotong kabel jadi cuma sekitar 15cm, supaya kabel bisa disembunyikan dan tampak rapi,” jelentreh Anes.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI