Tampilkan di aplikasi

Yamaha L2G 1969, bandel & irit

Tabloid Motor Plus - Edisi 984
17 Januari 2018

Tabloid Motor Plus - Edisi 984

Mesin 2-tak 100cc sangat bandel dan irit bahan bakar. / Foto : INDRAMAWAN

Motor Plus
Ferdiansyah adalah salah satu penggemar kendaraan lawas di kota Gresik, Jawa Timur. Di garasi rumahnya, tersimpan Zundapp 1948, Vespa Corsa 1991, VW Safari 1976, Mercedes Tiger 1986, Yamaha Excellent Deluxe 1981, dan Yamaha L2G 1969. Namun dari semua koleksinya itu, untuk motor, L2G atau sering disebut Yamaha Curut inilah yang jadi kesayangannya. “Enggak pernah rewel...” buka Ferdy.

Bayangkan saja, diproduksi tahun 1969 dan dibelinya dari Pak Kus, sesepuh Paguyupan Sepeda Kebo Gresik (PASEKGRES) tahun 2014 lalu dengan harga Rp 7,5 juta kondisi istimewa, sampai sekarang belum pernah ganti daleman mesin. “Alhamdulillah belum ganti sama sekali. Cuma servis rutin aja sama ganti busi. Sudah begitu, mesin 2-tak 100ccnya irit lagi,” bangga Ferdy.

Ya, ceritanya waktu beli dari Pak Kus itu, Ferdy dapat bonus free bensin selama 1 bulan. “Jadi saya disuruh pakai selama 1 bulan. Habis bensinnya berapa, nanti saya tinggal klaim ke Beliau. Tapi berhubung sepeda kesayangan, jadi saya pakainya cuma Sabtu-Minggu saja kalau mau ngopi. Berhubung irit juga, jadinya ya mau ngeklaim enggak jadi,” tutur Ferdy.

Makin sayang karena selain diproduksi di bawah tahun 1970-an, L2G ini kelirnya hijau, yang menurut Ferdy jarang ditemukan. “Kebanyakan merah atau biru,” sergah Ferdy sambil jelaskan cat juga masih orsi. Sama dengan plat nomor belakang yang adalah bawaannya.
Tabloid Motor Plus di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI