Honda Tiger 2002, si macan blantara

Tabloid Motor Plus - Edisi 994
23 Maret 2018

Tabloid Motor Plus - Edisi 994

Urusan bodi, Ajat pun masih pakai bawaan original KTM, namun ditambahkan resin fiber untuk membuat bodi kembali resik. / Foto : SILO

Motor Plus
Wih, pasti denger judulnya sudah serem kan bro? Ett, jangan takut dulu, Macan-nya enggak galak kok, tapi ini Si Macan alias Honda Tiger yang sudah dimodif agar bisa masuk ke hutan blantara. “Makanya dikasih nama Blantara, karena motor ini tangguh buat diajak trabas di trek hutan dan medan yang terjal,” cuap Mahendra, owner Tiger yang juga anggota Marinir Angkatan Laut (AL). Membuat tampang sport touring jadi bergaya motocross, Hendra dibantu Abdul Rajat builder Ajat Custom99. Awas dicakar bro! Roarrr.. Ryan

FRAME KTM. Frame Tiger dipensiunkan, karena tidak sesuai konsep trail yang sudah direncanakan. Kini frame asli KTM 250SE tahun 2009 dipilih. Agar mesin bisa pas dengan frame, Ajat sapaan akrabnya mengelas di beberapa titik untuk engine mounting. “Saya pakai plat ukuran 6 mm yang dilas ke frame. Untuk sudut mesin, masih sama dengan bawaan Tiger. Kemudian dilabur orange KTM dari Sikkens,” ucap Ajat.

KAKI-KAKI. Walau suka trabasan di hutan, Ajat tidak pasangkan pelek set dengan ban pacul, tapi dibuat ‘dua alam’ agar bisa dibawa di jalan aspal. “Mengakomodir dua alam, dipasangkan ban dual purpose model big block 17 inci. Soal suspensi upside down dan lainnya masih pakai KTM sepaket dengan sasis,” tambah pemilik bengkel di Jl. Raden Saleh Karang Mulya No. 99, Ciledug, Tangerang.

BODY KTM DAN DECAL. Urusan bodi, Ajat pun masih pakai bawaan original KTM, namun ditambahkan resin fiber untuk membuat bodi kembali resik. Kemudian, agar terlihat cihuy, trik repaint pun ditempuh dengan warna asli orange KTM dari Sikkens berikut pernisnya.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI