Perseneling Honda CB150R, part kecil tapi bikin susah

Tabloid Motor Plus - Edisi 997
12 April 2018

Tabloid Motor Plus - Edisi 997

Lebih tahan dan pastinya nggak mudah patah. / Foto : RYAN

Motor Plus
Suatu ketika saat Aldhian Bagus Nursatya riding dengan motor Honda CB150R kesayangan. Saat posisi gigi empat dan ingin menaikan posisi perseneling tiba-tiba tidak bisa dioper atau ngelos. Ketika menepi, dirinya mencoba untuk menetralkan perseneling, namun sama saja, tidak bisa dioper.

Waduh, kenapa ya? Beberapa hari kemudian, dibawa ke bengkel JTF Junior untuk coba diperbaiki. Ketika dibongkar bagian bak mesin kanan, terlihat per gear shaft patah. “Per ini fungsinya sebagai penarik pengungkit saat persneling digerakkan naik dan turun,” ucap Hendri Tri Putra, chief mekanik dari JTF Junior.

Jadi, saat per ini patah, pengungkit pun tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya (gbr 1). Agar lebih awet, Bendot sapaan akrab mekanik berbadan gemuk ini menyarankan agar menggunakan per asal Thailand berkode 24641-KBP-900 (gbr 2).

Di pasaran dijual seharga Rp 50 ribu dan biasa digunakan di Honda CBR150R Thailand. “Aku biasa ganti pakai ini karena lebih tahan dan pastinya nggak mudah patah,” tambahnya.

Pemasangannya, lebih baik tap oli mesin sampai benar-benar habis dan buka bak kanan atau bak kopling. Akan lebih mudah bila air radiator pun keluarkan. Pastikan juga paking kopling tidak sobek.

Nah, di bagian bawah dekat rumah kopling terlihat per kecil yang sudah patah. Copot per tersebut pakai tang atau obeng kecil. Terakhir pasangkan dengan per yang baru (gbr. 3).

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI