Bedah Teknologi Honda PCX 150, kupas tuntas motor hybrid pertama di dunia

Tabloid Motor Plus - Edisi 1003
24 Mei 2018

Tabloid Motor Plus - Edisi 1003

PT Astra Honda Motor (AHM) merilis line up terbaru dan bisa dibilang terobosan yang benar-benar baru, yakni Honda PCX 150 Hybrid.

Motor Plus
PT Astra Honda Motor (AHM) merilis line up terbaru dan bisa dibilang terobosan yang benar-benar baru, yakni Honda PCX 150 Hybrid. Motor ini diperkenalkan di Indonesia pada ajang Indonesia International Motor Show 2018 (IIMS) di JIExpo Kemayoran, Jakarta 19 April silam. Sebelumnya, MOTOR Plus pun diajak berkenalan dengan skubek hybrid tersebut di ajang Tokyo Motor Show, Jepang Oktober tahun lalu. Diklaim pihak PT AHM ini motor hybrid pertama di dunia.

PCX 150 Hybrid jadi pelopor dalam mengadopsi teknologi yang mengkombinasikan daya baterai dengan mesin motor bakar sebagai sumber tenaga. Hybrid sendiri kendaraan yang menggunakan dua jenis teknologi. Mesin bensin dan motor listrik agar menghasilkan power yang lebih baik dan pastinya bahan bakar lebih efisien.

“Kendaraan hybrid, motor listrik membantu mesin untuk mengurangi konsumsi bahan bakar pada saat start dan akselarasi. Itu artinya kalau dibandingkan dengan kendaraan biasa dengan ukuran yang sama, hybrid lebih ekonomis untuk dijalankan,” ucap Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor PT AHM.

Secara umum, teknologi hybrid dibagi menjadi beberapa jenis. Untuk yang pertama jenis Parallel Hybrid System, yaitu mesin bensin masih jadi sumber tenaga utama dan motor listrik memberikan bantuan sesuai kebutuhan. Yang kedua Series Hybrid System yaitu motor listrik bekerja di setiap putaran mesin.

Sedangkan mesin bensin berfungsi memberi arus listrik pada generator untuk pengisian baterai. Yang ketiga, Series and Parallel Hybrid System. Mengkombinasikan hybrid tipe parallel dan series. Motor listrik bekerja pada putaran rendah. Saat putaran tinggi, mesin bensin dan motor listrik bekerja bersamaan. Nah, bagaimana dengan sistem di PCX 150 Hybrid keluaran PT AHM?

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI