Upgrade performa Suzuki GSX-R150, modal 166 cc doang bor

Tabloid Motor Plus - Edisi 1005
4 Juni 2018

Tabloid Motor Plus - Edisi 1005

Seperti Suzuki GSX-R150 milik tim SMR Cipta Sarana yang mampu menorehkan waktu tercepat 1 menit 01 detik. / Foto : YUDI

Motor Plus
Walau sudah bawaan lahir Suzuki GSX-R150 bertenaga besar, namun untuk kebutuhan balap pasti harus dikorek lebih lagi. Seperti Suzuki GSX-R150 milik tim SMR Cipta Sarana yang mampu menorehkan waktu tercepat 1 menit 01 detik. Digeber Aldhy Triandika di E-Event pada 6 Mei 2018 di Sirkuit Sentul Karting, Bogor, Jawa Barat.

“Walau finish di posisi dua, tapi cukup puas. Pertama, karena joki masih SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan kedua, blok mesin sempat baret. Selanjutnya, dipersiapkan lebih maksimal lagi,” ucap Sarjana, mekanik SMR Cipra Sarana. Yuk, lihat detail ubahannya. Ryan

BLOK BORE-UP DAN LINER DIESEL. Karena sebelumnya mengalami blok baret dan tidak bisa dipakai, kini piston tidak dibiarkan standar. Menggunakan boring mesin diesel yang terkenal tahan panas, Sarjana mengganti liner asli blok GSX-R150. “Untuk diameter luar liner diset 72 mm, ukuran segitu pas dan nggak mentok crankcase, sehingga gak perlu belah mesin,” tambah Sarjana. Keuntungan liner tebal, saat digeber gak akan mengkerut karena sisa boring tidak terlalu tipis. Keuntungan lainnya, mesin tidak cepat panas.

Untuk celah liner dan piston, Sarjana percaya bengkel bubut langganan. Piston yang digunakan diameter 66 mm berbahan casting pin 15 mm. Seting dome 3 mm yang dihitung dari permukaan piston. Dengan dome piston yang bisa dibilang cukup tinggi ini, doi gak perlu bubut silinder head ataupun blok. “Untuk mendem piston main di 0,5 mm, itu belum ditambah paking head silinder 0,2 mm,” beber Sarjana. Untuk coakan klep dibuatkan sedalam 2 mm. Agar kepala busi tidak mentok piston dibuatkan juga coakan untuk kepala busi.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI