Tips tambah akselerasi skubek, ganjal biar ngacir

Tabloid Motor Plus - Edisi 1007
28 Juni 2018

Tabloid Motor Plus - Edisi 1007

Ganjal biar ngacir! / Foto : TEGUH

Motor Plus
Ada beberapa tips untuk membuat akselerasi motor skubek makin responsif. Ada yang dilakukan dengan cara penggantian pulley set, ada yang bubut pulley dan ada juga akal-akalan subtitusi dengan comot punya motor lain. Di Yamaha Fino 125 supaya lebih responsive, ternyata lebih gampang lagi.

“Solusinya dengan cara ganti ring pulley standar dengan kepunyaan Mio Sporty agar makin gesit di putaran bawah,” papar Heru alias Cungkring, mekanik yang bengkelnya bersebelahan dengan pabrik Yamaha Indonesia. Menurut Cungkring, ini juga berlaku untuk motor matic terbaru. Rata-rata dikeluhkan tarikannya yang kurang gesit.

Solusinya murah meriah joss, bisa comot pakai ring kepunyaan Mio Sporty ini. ”Caranya buka cover CVT lebih dulu. Lalu bongkar pulley dan akan terlihat ring pulley standar bawaan Fino 125. Ring asli Fino diganti pakai kepunyaan Mio Sporty,” jelas Heru Purwanto yang bengkelnya bernama Chicken Speed 9Power di Jl. Dr. Krt.

Radjiman Widyodiningrat, Jakarta Timur. Pulley Yamaha Fino 125 memiliki kemiringan 14,2 derajat dengan roller 11 gram. Fungsi pengganjalan sebetulnya untuk V-belt CVT lebih mendem atau turun karena ring Mio Sporty lebih tebal. Sehingga mesin lebih mudah teriak sebelum terbebani V-belt. “Nah, kalau diganjal kan enak. Biaya lebih murah, hanya modal beli ring ganjalan pulley Mio Sporty. Gak sampe jual rumah kok, paling di bawah Rp 50 ribu,” tutup Cungkring. Teguh

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI