Tips melepas laher noken as, pakai buat mesin bekas

Tabloid Motor Plus - Edisi 1008
28 Juni 2018

Tabloid Motor Plus - Edisi 1008

Laher Noken As. / Foto : OBHET

Motor Plus
Melepas laher noken as di head silinder pada motor matik maupun bebek, terbilang lumayan sulit. Bahkan beberapa mekanik awam, kerap menggunakan alat bantu berupa treker. Namun, bagaimana kalau tidak punya treker? Pastinya butuh tenaga ekstra atau gampangnya pergi ke tukang bubut, untuk melepas laher kem. Itu pun dengan cara turun mesin, karena mesti bongkar headnya.

Menurut Ismail, ada cara lain yang lebih gampang dan murah. Gak sampai copot head segala. Cukup sediakan baut tahanan mesin bekas, kepunyaan Honda Grand atau Supra. “Dipilihnya baut tahanan mesin Grand atau Supra ini, karena dari segi bentuk dan panjangnya dirasa pas sebagai pengganti treker.

Tapi, perlu diubah lagi bagian atasnya, dengan cara dikikis pada tiap sisi bautnya menggunakan gerinda (gbr. 1). Agar posisi ujung atas baut itu bisa masuk ke tengah laher noken as di dalam rongga head yang berlubang. Pastikan dalam mengikis jangan sampai terlalu longgar, kira-kira saja sedikit ngepres,” ungkap Simbah Mail, sapaan akrabnya.

Treker berupa baut tahanan mesin tadi, selanjutnya tinggal masukkan ke dalam lubang tengah laher noken as di bagian dalam. Jika sudah masuk, posisi ujung bautnya harus sedikit berada di bagian bawah dari lubang laher noken as sehingga seperti mengungkit. Lalu di ujung lainnya, pasangkan mur bawaan baut tahanan tadi sebagai pemegang dudukan baut untuk nantinya bisa dilepas.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI