Upgrade Performa Suzuki GSX-R150, jadi 23 HP karena restu orang tua

Tabloid Motor Plus - Edisi 1011
20 Juli 2018

Tabloid Motor Plus - Edisi 1011

Pakai liner mesin diesel yang terkenal kuat dan tahan panas. Untuk diameter luar liner 72 mm. / Foto : RYAN

Motor Plus
Rafael Galih owner GSX-R150 masih kelas 2 SMA swasta di Bekasi. Cinta kecepatan dan motor performa tinggi diwujudkan dengan upgrade mesin. “Kebetulan Papa suka otomotif, jadi dibolehkan namun masih enak untuk harian. Karena aku juga pakai ke sekolah,” ucap Galih yang berkacamata itu.

Engine tuning dikerjakan Zaim Basalim dari Jems Sparrow Workshop (JSW). Dibuktikan di atas mesin DynoJet 250i milik Bintang Racing Team (BRT) di Jl. Sentul, Bogor, Jawa Barat. Hasilnya, power motor terkerek jadi 23 hp/11.090 rpm dan torsi 11,41 ft-lbs atau 15,47 Nm/10.150 rpm. Wah, bisa bisa ikut balap fun race nih bor. Ryan

BORE UP. Memperbesar isi silinder cara paling mudah untuk mendongkrak power mesin. Jems sapaan akrab Zaim Basalim, mengganti piston dengan ukuran 66 mm dari sebelumnya yang hanya 62 mm. “Pakai liner mesin diesel yang terkenal kuat dan tahan panas. Untuk diameter luar liner 72 mm.

Ukuran ini masih muat kok ke lubang crankcase asli GSX-R150,” ucap Jems. Piston yang digunakan memiliki dome 1,5 mm mendem 0,2 mm tanpa paking. Untuk paking head digunakan bahan tembaga tebal 0,5 mm. Jadi total mendem piston 0,7 mm, aman dari benturan dengan head silinder.

Kini ditotal, kapasitas silinder mencapai 166,8 cc. Untuk langkah piston masih pakai standar 48,8 mm loh. Menjaga kompresi tidak mudah bocor dan air radiator nyebrang ke ruang bakar, Jems membuatkan blok tipe close deck. Tipe ini menutup semua lubang water jacket dengan cara dilas aluminium TIG dan dilubangi kembali mengikuti lubang paking head silinder.

“Pakai metode ini memang punya kekurangan, panas mesin akan sedikit lebih tinggi. Tapi, bisa diakali oleh kipas radiator yang bisa diset hidup di suhu yang lebih rendah oleh ECU,” tambah Jems yang bengkelnya di Jl. Flores V No.39, Aren Jaya, Bekasi Timur.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI