Yamaha RX-King 1991, Asia racer

Tabloid Motor Plus - Edisi 1014
10 Agustus 2018

Tabloid Motor Plus - Edisi 1014

Untuk bodywork yang terdiri dari tangki, windshield (model bikini) dan hornet atau buntut tawon, Hong menggabungkan kreasi custom handmade dengan produk variasi. / Foto : INDRAMAWAN

Motor Plus
Project Yamaha RX-King café racer ini adalah impian lama Yung, klien Hongkingkong Custom, yang juga adalah pemilik bengkel dan toko variasi Asia Motor di Surabaya Barat, Jawa Timur. “Dia pengin memiliki motor yang bisa dijadikan ikon untuk tokonya,” buka Harsoyo Santoso, builder asal Surabaya yang lebih dikenal dengan sapaan Hongkingkong ini.

Karena dimaksudkan juga sebagai promosi toko, maka diputuskan untuk membangun cafe racer retro berbasis RX-King yang diberikan sentuhan komponen-komponen variasi yang lagi hits di jaman modern ini. Sebut saja double starter, quickshifter, kopling hidrolik, holder MotoGP style, dan masih banyak lagi. Semua menggunakan barang-barang yang tersedia di bengkel Asia Motor, termasuk knalpot.

“Kesulitan yang kami temui adalah ketika memadu-padankan variasivariasi ini ke dalam konsep retro itu sendiri. Bagaimana caranya menemukan komposisi warna yang enggak terlalu kekinian, tapi menarik perhatian atau istilahnya eye catching,” tutur Hong. Indramawan

RANGKA DAN KAKI-KAKI. Hong mempertahankan proporsi rangka RX-King, karena dianggap sudah cukup bagus digunakan pada cafe racer. “Cuma kaki-kaki saja yang diubah. Kini memakai pelek Thor ring 18 dan ban Swallow Classic SB135 ukuran 400,” tunjuk Hong yang memakai teromol custom yang dibuat dengan mesin CNC dari bahan besi cor.

Untuk sektor kaki belakang, Hong memakai swingarm merek RD warna gold yang terlihat cocok ketika dikawinkan shockbreaker Moto1, dengan tabung gas warna senada. “Warna-warna ini cocok dengan kelir utama pada cover body yang didominasi warna kuning,” tunjuk Hong. Dan karena alasan itulah, rantai memakai produk SSS warna gold.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI