Seting Sok Yamaha MX-King, untuk si endut

Tabloid Motor Plus - Edisi 1017
30 Agustus 2018

Tabloid Motor Plus - Edisi 1017

Agar kaki-kaki makin enak, pertama per depan sudah diganti dengan milik Yamaha Nouvo. / Foto : ryan

Motor Plus
Motor diproduksi telah diuji dalam beberapa kondisi. Salah satunya kemampuan menggangkut pengendara dan barang bawaan. Namun, bagaiman dengan pengendara yang memiliki berat badan di atas rata-rata. Seperti Ichwan Fuadi, pembesut Yamaha MX-King yang memiliki bobot 120 kg.

Ichwan pusing memikirkan kondisi kaki-kaki motor. “Kalau untuk mesin gak terlalu masalah, yang sering jadi masalah kaki-kaki, terutama sok depan. Ketika diduduki dan diajak jalan, sering terdengar bunyi aneh,” ucap Ichwan yang akrab di sapa Babon.

Doi yang juga senang oprek motor ini gak mau ambil pusing, apalagi ambil motor baru, gak mungkin borr. Karena doi sudah jatuh cinta pada motor yang digunakannya untuk bekerja seharihari ini.

Agar kaki-kaki makin enak, pertama per depan sudah diganti dengan milik Yamaha Nouvo. Per ini memiliki ulir yang lebih renggang dari bawaan motor (gbr. 1). Part yang dijual seharga Rp 68 ribu untuk sepasangnya ini mudah kok didapatkan, untuk kode part nya 1P7-F3141-00. Nggak bisa asal masuk borr, panjang per sedikit berbeda.

“Lebih panjang punya Nouvo 2 ulir, jadi harus dipotong mengikuti tinggi bawaan MX-King (gbr. 2). Potong saja pakai gerinda dan ratakan bekas potongannya,” tambah pria lucu yang tinggal di Komplek Pemda Blok C, Jati Asih, Bekasi. Penyesuaian berikutnya yakni lubang suling yang diperkecil (gbr. 3).

Dari standarnya 3 mm jadi 2 mm, atau dikecilkan 1 mm. Ini membuat kinerja sok saat rebound jadi lebih lambat. Caranya, lubang tersebut dilas listrik dan dilubangi kembali dengan diameter yang lebih kecil.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI