Fitur Cruise Control Yamaha TMAX DX, istirahatkan tangan kanan

Tabloid Motor Plus - Edisi 1018
6 September 2018

Tabloid Motor Plus - Edisi 1018

MOTOR Plus secara lengkap membahas sesi test ride Yamaha TMAX. / Foto : TEGUH

Motor Plus
Di beberapa edisi lalu, MOTOR Plus secara lengkap membahas sesi test ride Yamaha TMAX. Nah, dalam tulisan tersebut juga kita sempat menyinggung salah satu fitur TMAX, yakni Cruise Control. Fitur ini memang masih tergolong baru di sepeda motor dan hanya beberapa moge yang menggunakannya seperti TMAX ini.

Lalu apa sih memang kegunaan dari cruise contol ini? “Jadi fitur ini sebenarnya ‘mengunci’ kecepatan motor di kecepatan tertentu. Jadi, motor tetap melaju meskipun kita tidak menarik putaran gas motor. Fitur ini sangat berguna ketika melakukan perjalanan jauh karena kita bisa mengistirahatkan tangan kanan kita,” buka Ridwan Arifin, Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur yang biasanya terdapat di mobil mewah ini? “Cukup tekan tombol yang berada di setang kiri, tapi pastikan motor sudah mencapai kecepatan 50 km/jam. Lalu tekan tombol pengaktif cruise control yang terletak di dekat klakson.”

“Kalau mode cruise control aktif, maka sekarang kita tahan tombol set cruise control yang terletak di atasnya. Maka fitur cruise control kini sudah aktif,” tambah Ridwan. Karena fitur sudah aktif maka kita tinggal gunakan tombol tersebut untuk menambah kecepatan atau menurunkannya. “Jadi, tangan kanan kini sudah bisa santai, tapi jangan terlalu nyantai juga yang penting tetap waspada,” lanjutnya.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI