Kawasaki KLX 150 2017, tampilan standar gak bisa dikejar

Tabloid Motor Plus - Edisi 1021
25 September 2018

Tabloid Motor Plus - Edisi 1021

Pada bagian head, diameter payung klep diperbesar dari standarnya yang hanya 28/24 mm (in/ ex). / Foto : INDRA

Motor Plus
Ya, penampilan Kawasaki KLX 150 tim JC Jaharun Circuit ini masih polos. Hanya ada nomor start, tanpa decal. Meski begitu, geberan Farudila Adam asal Malang, Jawa Timur, ini tidak terkejar lawannya di event Jaharun Motocross Series putaran Ketiga (14-15/7) di Medan, Sumatera Utara. Penasaran? Yuk, simak spek-nya.

Kapasitas Silinder. Penggunaan piston 71 mm, mengambil merek LHK. Jika dihitung menggunakan rumus, kapasitas silinder bengkak jadi 215 cc. “Menggunakan piston sebesar ini, blok dan crankcase harus dilas untuk ditambah daging lebih dulu,” bilang Mochammad Supriyoko alias Kuncung, mekanik tim JC Jaharun Circuit.

Kompresi. Rasio kompresi diset 11,5 : 1 supaya aman. Angka tersebut didapat dari penggunaan piston flat dan memberi jarak mendem sebanyak 0,7 mm saat piston berada di posisi Titik Mati Atas (TMA).

Head Silinder. Pada bagian head, diameter payung klep diperbesar dari standarnya yang hanya 28/24 mm (in/ ex). Kini jadi 35/31 mm (in/ex). “Selain itu, kem juga diatur ulang. Kini durasi klep in 260°, dan ex 255°. Sedangkan, lift-nya diset 9,5 mm pada kem in dan 9 mm di kem ex,” beber pria asli Malang, Jawa Timur ini.

Karburator. Pengabut bahan bakar diganti pakai venturi lebih besar. “Pakai Keihin PE 28, dikombinasikan pilot jet 42 dan main jet 112. Untuk melahap trek Sirkuit Jaharun Center, final girnya menggunakan kombinasi 13/55 mata,” tambah pria yang ngebengkel di Jl. Raya Mangliawan Wendit Barat, Malang.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI