Tampilkan di aplikasi

Tips skir klep, lebih presisi & gampang

Tabloid Motor Plus - Edisi 1027
7 November 2018

Tabloid Motor Plus - Edisi 1027

Banyak macam ukuran valve lappers / Foto : ryan

Motor Plus
Klep yang bocor membuat power mesin lemah sahwat. Itu karena terjadi kebocoran ketika proses kompresi dan menghasilkan ledakan pembakaran yang loyo. Untuk menghindari klep bocor terhadap sitting klep, caranya di-skir. Merupakan proses penghalusan antara sudut payung klep dengan sitting klep menggunakan amril atau pasta penghalus.

Cara konvensional, skir klep bisa dilakukan dari bawah, yakni dari batang klep yang disambungkan slang bensin. Namun cara ini masih kurang presisi dan tidak praktis karena silinder head harus ditempatkan diatas untuk bisa skir batang klep tersebut.

“Tekanan keseluruhan bagian klep kurang merata. Terkadang kalau di klep ubahan yang lebih besar sering miring,” ucap Danu Andri Wibisono, owner Duta Motor Sport (DMS) di Jl. Mayor Hasibuan No. 60 Bekasi, Jawa Barat. Agar lebih presisi, kini menggunakan alat yang dinamakan double cup valves grinders yang terbuat dari kayu yang dibelinya di Jepang. Part seharga Rp 161 ribu ini sistem kerjanya berbeda dengan cara skir klep model konvensional.

“Di ujung-ujungnya terdapat karet elastis berbentuk setengah lingkaran berdiameter 16 dan 21 mm. Untuk klep kecil di bawah 20 mm pakai ukuran karet yang kecil. Untuk klep di atas 20 mm pakai yang besar,” tambah Wibi yang sudah memiliki anak satu ini.
Tabloid Motor Plus di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI