Tampilkan di aplikasi

Kawasaki W175 2018, Betrayer 400 si W175 bermesin boxer

Tabloid Motor Plus - Edisi 1034
3 Januari 2019

Tabloid Motor Plus - Edisi 1034

Untuk mendapatkan kesan kekar pada kaki depan, pemakaian sok depan dari upside down Kawasaki ZX-636 menjadi pilihan. / Foto : ISTIMEWA

Motor Plus
Geliat modifikasi di kota Semarang, Jawa Tengah, makin terlihat bergairah. Terlihat dari banyaknya motor keren hasil garapan builder Semarang, yang muncul di event contest. Salah satunya adalah Kawasaki W175 karya Hendra Cahyono dari rumah modifikasi Pap And Mam Modified.

Hendro, bisa dibilang mengubah 100% penampilan dari W175, bahkan sekarang mesinnya dibuat ekstrem dengan konfigurasi boxer 400 cc, seperti dapur pacu BMW. “Motor ini diberi nama Betrayer 400!,” beber Hendra, yang buka workshop di Jl. Kedung Mundu Raya 20 A, Semarang. Jack MESIN. Hadirkan konfigurasi mesin boxer, Hendra menggabungkan dua set mesin milik Honda Tiger standar yang dipasang bertolak belakang.

Kemudian dipasangkan di atas crankcase mesin W175, dengan cara membuat crankcase tambahan, sebagai dudukan mesin boxernya. “Untuk menggerakkan kruk as Tiger yang sudah digabung, dari kruk as W175 dibuatkan sistem roda gigi yang kuat. Roda gigi ini, berfungsi mengubah gerak naik-turun kruk as W175, jadi pergerakan kirikanan boxer engine Tiger,” ungkap Hendra.

Karena dua mesin Tiger masih standar, karburator paling pas ya pakai milik Tiger juga, enggak banyak seting dan cocok. Agar mesin enggak kekeringan, dibuatkan dua buah tabung oli bikinan Pap and Mam Modified, yang ditempatkan di luar mesin. Tepatnya di sasis bagian tengah.

Meminimalisir getaran yang terjadi, dibuatkan pegangan engine boxer yang dibuat dari pipa besi di kiri dan kanan. Sebagai detailing, bracket ini dicelup krom. Sangat detail bro!
Tabloid Motor Plus di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI