Tampilkan di aplikasi

Sahabat penghuni Surga

Majalah Mulia - Edisi 7/2017
11 September 2017

Majalah Mulia - Edisi 7/2017

Karena kedermawanannya, seluruh penduduk Madinah menikmati kekayaan Abdurrahman bin Auf.

Mulia
Di masa Rasulullah Shalalallahu ‘Alaihi Wassallam, banyak Sahabat karena kemuliaannya diberi jaminan masuk surga? Rasulullah Shalalallahu ‘Alaihi Wassallam mengabarkan ada 10 orang dijamin masuk surga karena kesalehan mereka. Selain khulafaur-rasyidin, ada nama Abdurrahman bin Auf Ia adalah salah seorang sahabat Nabi yang masuk golongan mendapatkan kabar sebagai penghuni surga ketika ia masih hidup, minal mubasysyirin biljannah.

Sejak masuk Islam hingga wafat di usia 75 tahun, dia menjadi teladan utama seorang mukmin sejati. Khalifah Umar bahkan memasukkannya dalam daftar enam tetua yang bertugas memilih khalifah penggantinya pada detik-detik akhir kematiannya setelah ditikam oleh budak Majusyi.Umar berkata, “Rasulullah wafat dalam keadaan ridha kepada mereka”.

Auf adalah pebisnis ulung, sangat sukses, hingga merasa heran dengan dirinya sendiri. Ia pernah berkata, “Aku heran terhadap diriku sendiri. Seandainya aku mengangkat batu, di bawahnya aku akan temukan emas dan perak.” Padahal, bisnis yang ia lakukan bukan sebagai ajang untuk menumpuk-numpuk harta, atau pelampiasan kerakusan. Baginya, bisnis adalah profesi dan tanggungjawab, juga sebagai jalan kesuksesan dunia akhirat.

Bin Auf pernah menyumbangkan 500 kuda untuk kepentingan pasukan perang. Juga menyumbang 1500 kendaraan penuh logistik perang. Bahkan sebelum meninggal dunia, ia mewasiatkan agar 50 ribu dinar untuk kepentingan jihad di jalan Allah, 400 dinar untuk para veteran Perang Badar yang masih hidup.

Abdurrahman bin Auf tipologi manusia dambaan umat. Meninggalkan segalagalanya demi mendapat agama Allah. Sukses bisnis, sukses membela agama. Sukses dunia, tanpan, kaya-raya, masuk Surga. Semoga kita bisa mendidik dan mengarahkan anakanak kita menjadi pengusaha sekelas Abdurrahman bin Auf, pengusaha yang sukses di dunia sekaligus ahli surga.
Majalah Mulia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI