Tampilkan di aplikasi

Menakar hati di bulan Ramdhan

Majalah Mulia - Edisi 6/2017
11 September 2017

Majalah Mulia - Edisi 6/2017

Menakar hati bisa dilakukan dengan cara memastikan anggota keluarga tak melewati momen penting, ibadah dan fadhilah-fadhilah sepanjang Ramadhan.

Mulia
Syahrul Ramadhan (Bulan Ramadhan) merupakan bulan sangat utama dari bulan lainnya. Ramadhan merupakan momen yang ditunggu-tunggu keluarga, terutama oleh seorang ibu sebagai ratu rumah tangga. Ibarat proyek besar setahun sekali yang telah dinantikan setiap tahunnya oleh kaum ibu. Banyak disebutkan keutamaan bulan Ramadhan.

Beberapa yang sering disebutkan dalam al-Quran adalah: Syahrul Quran (Bulan Quran) karena diturunkannya al-Quran dari lauhul mahfhudz ke langit pertama secara sekaligus pada bulan Ramadhan tersebut hingga dikenal sebagai salah satu malam yang utama disebut Lailatil Qadr. Bulan Ramadhan adalah bulan dilipatgandakan amal saleh hingga tujuh puluh kali lipat.

Ramadhan juga merupakan bulan pengampunan dosa. Seperti dikutip dari sebuah hadits, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” merupakan bulan penuh keberkahan. Bulan yang pada saat itu pintu neraka ditutup serapat-rapatnya dan pintu surga dibuka selebar-lebarnya.

Sesuai hadits yang berbunyi, “Jika datang Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan setan dibelenggu.” (HR. Muslim) Bulan Ramadhan juga sebagai bulan edukasi bagi setiap orang dan bagi tiap keluarga, seperti yang Allah Subhanahu Wata’ala sebutkan dalam al-Quran, “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orangorang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183).
Majalah Mulia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI