Tampilkan di aplikasi

Pentingnya skill demi iman anak

Majalah Mulia - Edisi 3/2017
11 September 2017

Majalah Mulia - Edisi 3/2017

Pentingya skill dan atau keprofesian ini, Allah juga menjabarkan secara lengkap kisah Nabi Yusuf.

Mulia
Menanamkan iman, tauhid, aqidah kepada anak jelas hal yang sangat utama. Sampaisampai, Allah Ta’ala membimbing kita dengan apa yang disampaikan oleh Luqman Al-Hakim kepada anaknya agar jangan sampai mempersekutukan Allah Ta’ala. Namun, hendaknya para orangtua tidak lupa memotivasi anak agar memiliki skill yang dapat menjadikan aqidah, iman dan tauhid mereka tidak tergoyahkan oleh apa dan siapapun.

Bahkan lebih jauh, juga mampu menjaga aqidah, iman dan tauhid saudara seiman lainnya. Abdullah Nashih ‘Ulwan dalam bukunya “Tarbiyatul fil Islam” menjelaskan, tanggung jawab orang tua dan pendidik yang tidak kalah penting adalah bagaimana anakanak kita memiliki kemampuan bekerja atau berwirausaha.

Orangtua harus memotivasi putraputrinya bekerja secara wirausaha, baik di bidang industri, pertanian maupun perdagangan. Nashih ‘Ulwan menjabarkan bahwa para nabi selalu bekerja secara bebas dan memiliki keahlian khusus dalam suatu profesi dan membuat sesuatu. Nabi Nuh misalnya, beliau adalah ahli perkapalan (QS. Hud [11]: 37 – 38).

Sementara itu, Nabi Daud adalah ahli besi. Beliau mampu membuat senjata dan pakaian perang dari besi (QS. Al-Anbiya [21]: 80). Sedangkan Nabi Musa dan Nabi Muhammad adalah sosok nabi yang ahli dalam menggembalakan kambing. Rasulullah bersabda, “Aku pernah menggembala kambing dengan bayaran beberapa daniq dari penduduk Makkah” (HR. Bukhari).

Dengan demikian, mendidik anak memiliki skill agar mampu bekerja baik secara wirausaha maupun profesi sangat penting untuk menunjang mereka teguh dalam aqidah, iman dan tauhid, sehingga apa yang kelak mereka hasilkan sebagai nafkah bersumber dari keringat dan perjuangannya sendiri. Bukan dengan meminta-minta apalagi berbuat tidak patut (mencuri, korupsi dan menipu).
Majalah Mulia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI