Tampilkan di aplikasi

Kiat bangun subuh

Majalah Mulia - Edisi 10/2017
9 Oktober 2017

Majalah Mulia - Edisi 10/2017

Atur waktu tidur agar tubuh tetap segar ketika bangun subuh, jika perlu pasang alarm pengingat. / Foto : MARIER FRANCE/PIXABAY

Mulia
“Sesungguhnya, shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat Subuh dan Isya’. Seandainya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya, niscaya mereka akan pergi mendatangi keduanya sekalipun harus dengan merangkak.” (HR. Bukhari dan Muslim) Dari hadits tersebut, dapat dipahami bahwa shalat yang paling berat dijalankan adalah shalat Subuh serta Isya. Terlebih, untuk shalat Subuh dan ketika harus dikerjakan secara berjamaah di masjid, khususnya bagi kaum laki-laki.

Sebab, kebanyakan umat Islam pada waktu Subuh masih asyik terlelap dalam tidurnya. Nah, bagaimana tips atau resepnya agar mudah bangun shalat Subuh berjamaah di masjid? Pertama, lakukan dengan niat yang ikhlas. Setiap kali ingin menjalankan ibadah shalat Subuh secara berjamaah di masjid, maka perlu menata hati agar senantiasa bisa selalu ikhlas.

Sebab, semua kebaikan yang dikerjakan dengan niat tidak ikhlas, maka akan menjadi sesuatu pekerjaan yang sia-sia. Kedua, memiliki tekad serta komitmen yang amat kuat dalam menjalankan shalat Subuh berjamaah di masjid. Sebab, waktu Subuh adalah waktu yang nyaman untuk memanjakan diri di atas kasur alias tidur terlelap. Ketiga, sebelum tidur berdo’a kepada Allah Subhnahu Wata’ala agar dimudahkan bangun fajar, sehingga bisa menunaikan shalat Subuh berjamaah di masjid.

Dengan berdo’a, mudah-mudahan Allah mengabulkan serta memberikan kemudahan untuk bangun lebih awal sebelum adzan Subuh berkumandang. Keempat, bertemanlah dengan orang-orang saleh yang mau membangunkan. Mintalah kepada mereka agar membangunkan ketika waktu Subuh akan tiba. Caranya bisa melalui SMS ataupun miscall ke handphone yang diaktifkan volume panggilannya. Nah, Pejuang Subuh siap membantu membangunkan kalau memang ada yang butuh bantuan.
Majalah Mulia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI