Tampilkan di aplikasi

Prioritaskan ridho orangtuamu

Majalah Mulia - Edisi 11/2018
16 November 2018

Majalah Mulia - Edisi 11/2018

Amarah orangtua, adalah amarah Allah. Murka mereka, adalah murka Allah juga / Foto : PEXELS

Mulia
Ketika sedang bercengkrama dengan keluarga di sore hari, tiba-tiba terdengar nada dering panggilan masuk dari handphone milik ayah. Segera aku mencari asal suara yang terletak di atas lemari. Ternyata yang menelpon adalah Bude, kakak ayah.

Saya menyerahkan handphone kepada ayah, yang sedang asyik tertawa bersama sang adik. Walau peNenekasan Bude selalu sama saja, seperti biasanya, ayah tetap setia mendengarkan.

Bude ini, adalah kakak pertama ayah, dari tujuh bersaudara. Saat ini ayah tinggal jauh dari mereka, tetapi selalu menjadi tempat pelarian diantara saudara-saudaranya jika sedang ada masalah.

Ayah meninggalkan kota kelahiran dan sanak keluarga untuk hijrah ke pesantren tahun 80-an, pilihan ayah yang bagi saudaranya tidak masuk akal. Namun, sekarang mereka dapat melihat hasilnya. Kehidupan yang tenang, anak yang sholih dan sholihah tanpa banyak masalah-masalah dunia yang menghampiri meski kami hidup berkecukupan.

Mereka melihat ada kebahagiaan besar yang ayah dan kami miliki, yang tak bisa mereka dapatkan. Kulihat sore itu wajah ayah seperti terpengaruh dengan cerita Bude. Ada mendung dan sendu dipelupuk matanya. Ia ikut bersedih, mendengar saudaranya sedang bermasalah dengan anak kandung sendiri.

Dan menyimpulkan kalau itu adalah hasil yang telah ditanam. Tiga puluh tahun yang lalu, saat ayah masih tinggal dengan orangtua dan saudaranya, Bude bekerja di perusahaan asing yang tentunya memiliki penghasilan yang berkecukupan. Setiap hari mampir ke rumah orangtua untuk menitipkan anaknya sebab alasan sibuk bekerja.

Ayah turut membantu merawat keponakannya dan menjadi saksi betapa menderitanya Nenek kala itu. Bukan hanya soal menyuruh Nenek merawat anaknya saja, kelakuan Bude saat itu seakan-akan menjadikan Nenek seorang pembantu dengan memberikan pekerjaanpekerjaan rumah seorang diri.
Majalah Mulia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI