Tampilkan di aplikasi

Nashrullah, tak ada nasi, singkongpun jadi

Majalah Mulia - Edisi 08/2019
2 Agustus 2019

Majalah Mulia - Edisi 08/2019

Nashrullah

Mulia
Surat tugas dakwah di Halmahera Utara, sudah di tangan Nashrullah, selepas lulus dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Luqman al-Hakim, Surabaya, tahun 2014 silam.

Dengan bismillah, ia pun berangkat menunaikan amanah, Meski tumbuh di Ternate, Maluku Utara, Nashrul, begitu panggilan akrabnya, mengaku masih buta dengan medan dakwah yang dituju.

Maklum, katanya, selain memang jarang melancong. Ia lebih sering hidup di luar pulau. Menuntut ilmu. Seperti di Kalimantan dan Surabaya. Sesampainya di tempat tugas, kesan ‘medan penuh perjuangan’ langsung melintas di benak.

Betapa tidak. Lokasinya berada jauh di pedalaman. 30 KM dari arah kota. Tidak hanya itu. Juga berada di komunitas non muslim. Banyak pemandangan baru yang didapatnya, yang sebelumnya tidak pernah ditemui. Seperti babi yang berkeliaran.

“Kampung muslim hanya di tempat kita. Selebihnya, kampung kristen,” terangnya. Baru beberapa hari tinggal di tempat baru, kisah kelahiran 26 tahun silam ini, nyalinya langsung diuji. Ia diberitahu oleh beberapa warga, bahwa dulunya.

Pada tahun 1998-2000, telah terjadi kerusuhan besar antara kaum muslimin dan Kristen, yang memakan banyak korban. Nashrul mengaku tidak telalu mengubris kisah kelam itu. Sebab ia melihat kenyataan di masyarakat, sudah terbangun sinergisitas yang bagus antar agama dan suku.

Justru yang menjadi kekhawatirannya, warning berikutnya. “Kalau mengendarai motor, dan melewat kampung Kristen. Harus hati-hati. Jangan sampai jatuh. Kalau sampai terjatuh, bisa habis,” kata anak kedua dari sembilan bersaudara ini, menirukan peringatan dari seorang warga.

Menu Singkong Tantangan yang tak kalah menguji nyali Nashrul adalah persoalan finansial. Maklum. Sebagai kepala keluarga yang telah memiliki bayi kecil, ia memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan keluarga.
Majalah Mulia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI