Tampilkan di aplikasi

Asma, benarkah tidak dapat disembuhkan?

Tabloid Nakita - Edisi 944
15 Mei 2017

Tabloid Nakita - Edisi 944

Asma sering terjadi pada usia anak-anak. Jangan khawatir, Mama Papa. Dengan penanganan yang tepat, asma dapat dikendalikan. / Foto : iStock

Nakita
Sudah dua kali dalam sebulan ini, Rafi (5) berkunjung ke dokter dengan keluhan yang sama: sesak napas. Saat asyik bermain susun balok, tiba-tiba napas Rafi terasa sesak disertai bunyi mengi atau ngik-ngik, dada seperti tertekan beban berat, dan batuk pun tak bisa terelakkan. Diagnosis dokter saat itu adalah asma. Karena sakit asma-nya ini, Rafi jadi sering absen ke sekolah dan angka kunjungan ke dokter pun meningkat.

World Health Organization (WHO) memperkirakan 235 juta manusia saat ini menderita asma.

Penyakit tidak menular ini paling sering terjadi pada usia anak-anak, walaupun sebenarnya bisa diderita oleh semua umur, baik dewasa maupun anak-anak. Di seluruh dunia, didapatkan 11—14% anakanak di atas 5 tahun pernah mengalami gejala asma.

Meskipun tidak menempati peringkat atas penyebab kesakitan atau kematian pada anak, asma merupakan masalah kesehatan yang penting. Jika tidak ditangani dengan baik, asma dapat menurunkan kualitas hidup anak, membatasi aktivitas sehari-hari, mengganggu tidur, meningkatkan angka absensi sekolah, dan menyebabkab penurunan prestasi akademik.
Tabloid Nakita di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI