Tampilkan di aplikasi

3 Cara alami membentuk tulang kuat dan mencegah osteoporosis

Tabloid Nakita - Edisi 971
9 November 2017

Tabloid Nakita - Edisi 971

Pada perempuan, kadar estrogen yang menurun di usia menopause juga mempercepat penurunan kepadatan tulang, namun hal ini bisa diperlambat. / Foto : iStock

Nakita
Seorang teman pernah menyatakan rasa sedihnya ketika melihat ibunyanya tak mampu lagi duduk dan berdiri tegak. Osteoporosis- lah yang menyebabkan kompresi faktur di bagian depan tulang belakang ibunya. Ketika osteoporosis melemahkan tulang belakang, di punggung bagian atas berangsur-angsur terjadi lekukan.

“Jika hal ini terjadi, makanan atau olahraga apa pun tidak dapat meluruskan kembali tulang belakang kita,” kata Linda B. White, MD, pengajar Program Terapi Integratif di Metropolitan State University di Denver. Di seluruh dunia, osteoporosis umum terjadi. Kurang lebih sekitar 10% lelaki dan perempuan di atas usia 50 tahun menderita gangguan tulang ini.

Demikian menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Bone and Mineral Research (2014). Meski demikian, Linda menegaskan, osteoporosis dapat ditunda, bahkan dihindari. “Tulang adalah struktur dinamis, terus merombak dirinya sendiri melalui penambahan dan pengurangan material. Usia 30 tahun, kepadatan tulang mencapai puncaknya, setelah itu akan menurun,” paparnya.

Asupan kalsium & vitamin D. Pada perempuan, kadar estrogen yang menurun di usia menopause juga mempercepat penurunan kepadatan tulang. Namun hal ini bisa diperlambat apabila kita aktif bergerak sejak muda, tidak merokok, tidak minum alkhol, serta mengonsumsi kalsium dan vitamin D. Melalui sejumlah penelitian diketahui, asupan kalsium dan vitamin D dapat memperkuat tulang.

Asupan nutrisi ini juga membantu berbagai fungsi tubuh, seperti membuat kontraksi otot lebih baik dan memperlancar transmisi sinyal saraf. Bila kadar kalsium dalam tubuh menurun, tulang menyerahkan kalsiumnya untuk mengembalikan ke kadar normal. Jadi, tulang itu seperti rekening tabungan mineral. Jika kita terus menarik kalsium dan mineral lainnya, tulang lama-lama melemah.
Tabloid Nakita di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI