Tampilkan di aplikasi

Cek di sini! Benerkah mama papa sudah siap punya anak?

Tabloid Nakita - Edisi 971
9 November 2017

Tabloid Nakita - Edisi 971

Siapkan fisik dan mental untuk terjadnya kehamilan yang sehat. / Foto : iStock

Nakita
Kebanyakan orangtua pasti mendambakan kehadiran anak. Terbayang rasa bahagia dengan kehadiran anak-anak yang lucu, sehingga membuat Mama ingin selalu pulang untuk mendekap mereka. Mama tak peduli meskipun kehadiran bayi nantinya akan membuat Mama sering bergadang, sulit berkumpul lagi dengan teman-teman sepulang kantor, atau mengabaikan kepentingan Mama sendiri.

Akan tetapi, ada hal-hal lain yang perlu diketahui sebelum mempunyai anak. Hal-hal yang sangat lumrah terjadi, tapi mungkin belum terbayangkan oleh pasangan yang belum mempunyai anak. Berikut di antaranya:

1. Mama tidak bisa langsung dekat dengan anak. Ketika sudah mempunyai anak, Mama mungkin akan berpikir bahwa bonding akan mudah dilakukan. Bagaimanapun, Mama-lah orang yang paling sering bersamanya. Ternyata, tidak selalu begitu. Mama bisa saja merasa sulit berkomunikasi dengan si kecil atau tak tahu harus berbuat apa ketika ia menangis.

2. Siap-siap ketularan sakit. Sistem kekebalan tubuh bayi belum berkembang sempurna, sehingga mereka akan mudah tertular jika Mama sedang sakit, semisal, flu. Sebaliknya, ketika anak sedang sakit, Mama pun akan mudah tertular jika sedang kelelahan atau kekebalan tubuh sedang menurun.

3. Si kecil meniru semua perbuatan Mama. Otak anak menyerap informasi baru seperti spons. Namun jangan terlalu bangga dengan hal itu karena mereka akan menyerap apa pun yang didengar dan dilihatnya. Anak-anak mungkin tidak tampak memerhatikan tindaktanduk Mama, tetapi ia bisa saja tiba-tiba mengucapkan kata-kata kasar atau menutup pintu lemari dengan kakinya.
Tabloid Nakita di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI