Tampilkan di aplikasi

Cara mudah hadapi si batita yang susah diatur

Tabloid Nakita - Edisi 977
15 Desember 2017

Tabloid Nakita - Edisi 977

Si kecil kini sudah bisa berkata “tidak” dengan caranya sendiri dan tidak mau diatur-atur. / Foto : iStock

Nakita
Memberikan nasihat kepada anak khususnya di usia 2 hingga 3 tahun memang sulit. Selain si kecil belum paham benar akan apa yang Mama dan Papa katakan, ia juga tengah memasuki fase baru yang menunjukkan otonomi diri: Ia kini sudah bisa berkata “tidak” dengan caranya sendiri dan tidak mau diatur-atur.

Selain itu, kemampuan motorik yang melesat maju membuatnya tidak bisa diam. Sebagai jalan tengahnya, lakukan 4 langkah ini untuk mengubah anak batita yang tidak mau diatur menjadi kooperatif.

1. Berikan pilihan pada anak secara positif. Jika anak belum paham benar akan apa yang Mama katakan atau perintahkan, ada baiknya Mama membantunya dengan memberikan pilihan. Mama bisa memberikan dua pilihan yang positif sehingga ia memilih sesuai dengan apa yang Mama harapkan.

2. Jangan memberikan instruksi dengan nada emosional. Memang sulit untuk tidak marah atau emosi saat menghadapi anak yang menolak diatur. Namun, teriakan atau amarah akan menyebabkan pesan kita tidak tersampaikan dengan jernih.

3. Sampaikan apa yang harus dilakukan dan dengan bahasa yang jelas. Anak-anak masih sulit memahami kalimat yang sulit. Maka, penting bagi Mama dan Papa untuk memastikan menggunakan kalimat instruksi yang jelas. Untuk anak batita, sampaikan instruksi satu per satu.

4. Menjadi contoh yang baik. Jangan lupa, cara berpikir anak usia ini masih sangat konkret. Artinya, ia belajar dari apa yang ia lihat dan dengar di sekitarnya. Selain itu, ia juga mencontoh tingkah laku orang-orang di sekitarnya. Perkembangan ini justru menjadi tantangan bagi orangtua, karena Mama dan Papa harus memberikan contoh konkret bagaimana ia harus berbuat.
Tabloid Nakita di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI