Tampilkan di aplikasi

10 hal wajib dihindari saat silaturahmi

Tabloid NOVA - Edisi 1478
20 Juni 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1478

Hari Raya tiba. Melepas rindu dan bertukar kabar dengan keluarga terasa begitu hangat. Namun, jangan lupa ada sejumlah hal yang sebaiknya Anda hindari agar tak jadi bumerang. Apa saja? / Foto : istock

NOVA
Menjadi suami istri bukan hanya mengikat diri sebagai pasangan, tapi bermakna lebih luas, yakni menyatukan dua keluarga besar. Utamanya, silaturahmi bertujuan untuk memperat tali persaudaraan agar terus terjalin baik. Cara memeliharanya tentu dengan memanfaatkan momen tertentu seperti terlibat di acara perkawinan anggota keluarga besar yang biasanya akan banyak berkumpul sanaksaudara dari pihak istri maupun suami hingga momen keagamaan seperti Lebaran.

Namun, pada kenyataannya sering kita temui sejumlah pertanyaan terkait hal itu. Misalnya, saat hari pertama Idul Fitri, orangtua siapa ya yang dikunjungi lebih dulu mengingat sama-sama tinggal sekota? Widiawati Bayu, Psi, psikolog perkawinan dan keluarga dari Kasandra Psycho logical Practice mencoba mengurai hal ini, “Mana yang dikunjungi duluan, itu sifatnya bukan harga mati. Masih bisa disepakati.

Misalnya, bergiliran jika tahun lalu sudah berkunjung ke orangtua istri lebih dulu, jadi tahun ini ke orangtua suami.” Pertimbangan bijak lainnya bisa juga mengutamakan salah satu orangtua sudah lebih sepuh. Bisa juga jika salah satu pihak memiliki keluarga besar (memiliki kakak dan adik banyak) bisa dipertimbangkan untuk menjadi tujuan kedua karena di tempat ini akan banyak memakan waktu untuk silaturahmi dan berkomunikasi. Etika Silaturahmi Serunya kumpul bersama keluarga besar tentu jadi hal yang ditunggu-tunggu. Namun, jika diamati ada sejumlah hal yang sebenarnya berpotensi mengganggu relasi keluarga, lo. Maksudnya, ada poin yang termasuk tak etis untuk dibicarakan atau dilakukan. Apa saja itu? 1Gosip Sensitif Si Sulung kerja di mana? Kok, belum hamil? Kapan menikah? Mungkin ini adalah bentuk rasa peduli seseorang untuk membuka obrolan dengan Anda. Duh, tapi rasanya gerah, ya, kalau setiap bertemu masih itu-itu saja yang ditanyakan.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI