Tampilkan di aplikasi

Tangani 4 penyakit langganan si kecil

Tabloid NOVA - Edisi 1480
12 Juli 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1480

Anak-anak relatif mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuhnya masih belum optimal. Ada beberapa gejala penyakit yang sudah menjadi “langganan” anak-anak. Sebelum kita buru-buru membawanya ke dokter, ada berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala sakit yang dialaminya. / Foto : istock

NOVA
Berenang Turunkan Intensitas Gejala Asma Ada anggapan bahwa bila penderita asma sering ke pantai, kemungkinan kambuh akan berkurang. Memang, kadar oksigen di pantai lebih tinggi ketimbang di dataran tinggi. Karena itu, pantai dianggap baik untuk penderita asma. Akan tetapi, bukan berarti akan menyembuhkan. Udara pantai hanya dapat membuat asma pada penderita menjadi berkurang.

Itupun dengan syarat, pantai yang dikunjungi harus bersih dan tak ada polusi udara. Bagaimana dengan berenang? Olahraga ini menjadi salah satu kegiatan yang disarankan bagi penderita asma. Akan tetapi bukan berarti berenang bisa menyembuhkan/ menghilangkan asma. Berenang secara rutin hanya dapat menurunkan intensitas gejala asma. Secara umum, olahraga memberi efek memperbaiki kerja otot, khususnya otot pernapasan, serta dapat meningkatkan toleransi terhadap rangsangan yang dapat memicu asma.

Selain berenang, olahraga yang baik untuk penderita asma adalah yang waktunya pendek dan disertai jeda, seperti bersepeda, voli, dan senam. Sebaliknya, olahraga yang berdurasi lama, seperti lari jarak jauh, sepak bola, hoki, dan basket, kurang dapat ditoleransi oleh tubuh penderita asma. Meski begitu, penderita mesti berhati- hati. Pasalnya, di satu sisi olahraga dapat menurunkan intensitas asma, tapi di sisi lain olahraga dapat memicu serangan asma, khususnya di negara dengan kelembapan rendah. Misal, ketika berenang, penderita asma bisa langsung merasa sesak. Kemungkinan penyebabnya, penderita asma terangsang oleh air dingin atau kaporit.

Faktor lain, asma yang diderita tergolong cukup berat, sehingga paruparu sulit berfungsi secara optimal. Akibatnya, ketika berenang, tekanan air pada tubuh akan memperlemah fungsi paru-paru. Menurut dr. Ika Fitriana, Sp.PD dari RS Umum Hermina Bekasi Barat, faktor lain yang juga perlu diperhatikan untuk penderita asma adalah makanan, seperti telur, kacang-kacangan, susu, makanan laut, unggas, cokelat.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI