Tanaman indoor hijaukan ruang stres pun berkurang

Tabloid NOVA - Edisi 1482
18 Juli 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1482

Membuat ruangan menjadi hijau dan indah tidak mesti dengan tanaman yang besar dan mahal. Lewat tanaman kecil dan sederhana pun, ruangan menjadi hidup, menghadirkan suasana alami, dan cantik. Yang terpenting ada sirkulasi dan pencahayaan dalam ruangan.

NOVA
Sebuah ruangan bisa dihidupkan dengan tanaman. Seberapa pun ukurannya, besar maupun kecil, tanaman seperti terrarium atau tanaman hias indoor, merupakan unsur alam yang hidup. “Tanpa disadari tanaman bisa memberikan penghidupan kepada si pemilik atau orang-orang di sekitarnya,” ujar Nyi Indah Kristianingsih dari Urban Little Garden.

Selain bentuk dan warna-warnanya yang cantik dan menyegarkan, yang bisa memanjakan bagi siapa saja yang melihatnya, tanaman adalah sumber oksigen. “Beberapa tanaman hias tertentu, misalnya sansievera atau bacularis bahkan menjadi air refresher karena sifatnya yang bisa menyerap polusi.” Menambahkan tanaman hias indoor ke sudut-sudut ruangan merupakan sebuah aktivitas yang menyenangkan. “Selain itu, menjadi salah satu cara menarik menghadirkan suasana alami dan cantik ke dalam sebuah ruangan atau hunian.” Manfaatnya sangat banyak, untuk keindahan, mengurangi stres bagi masyarakat urban yang cenderung sibuk dan dengan tingkat stres yang tinggi. “Beberapa penelitian menyebutkan tanaman sangat efektif memperbaiki suasana hati, meningkatkan kinerja dan kosentrasi, juga bisa meningkatkan rasa tenang dan optimis. Oleh karenanya tidak sedikit kantor-kantor atau ruang publik yang menambahkan tanaman di setiap sudutnya.” Tanaman yang bisa ditempatkan dalam ruangan adalah semua jenis tanaman yang tahan atau bisa hidup meski tidak mendapatkan banyak asupan cahaya matahari.

Indah menyebut beberapa tanaman, tanaman sukulen dan kaktus seperti jenis Rhipsalis, Hatiora, Hawortia, dan Gasteria. “Sedangkan tanaman tropis seperti jenis Sansiviera atau lidah mertua, Bromelia, Katalea, Kriptantus, suplir dan pakis.” ‘apartmenttherapy’ untuk masyarakat yang tinggal di apartemen.” Apapun tanamannya jika diletakkan dalam sebuah wadah kaca hasilnya akan tampak lebih cantik dan elegan. “Terrarium juga sangat cocok untuk masyarakat urban yang cenderung sibuk karena perawatannya yang cenderung mudah (easy to care).

Tabloid NOVA dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI