Tampilkan di aplikasi

Full day school, mungkinkah diterapkan?

Tabloid NOVA - Edisi 1486
16 Agustus 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1486

Lontaran ide Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy beberapa hari lalu tak pelak menuai pro dan kontra di masyarakat. Beliau mengusulkan penerapan sistem Full Day School (FDS) untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD dan SMP). Berikut penuturan Ketua Dewan Pengurus Yayasan Cahaya Guru, Dra. Henny Supolo Sitepu, MA, terkait dengan wacana FDS. / Foto : iStock

NOVA
Tentunya hal yang wajar bila muncul berbagai komentar ataupun pendapat, baik yang setuju ataupun tidak terhadap usulan Mendikbud. Yang pasti perlu dilihat dalam konteks yang lebih luas. “Kita perlu mempertanyakan lebih jelas apa yang dimaksud Pak Menteri. Soalnya ada pertimbangan- pertimbangan yang sangat penting yang perlu diperhatikan bila hal ini akan menjadi prinsip kebijakan nasional.” Pahami Kebutuhan Anak Setidaknya ada pertimbangan sangat penting yang harus diperhatikan, bila usulan FDS akan diberlakukan secara nasional, yaitu terutama pemangku kepentingan, dalam hal ini anak dan orangtuanya. Artinya, rencana FDS ini harus dilihat secara utuh dan memerhatikan kebutuhan secara nasional.

Orangtua harus ikut urun rembuk sebelum kebijakan ini nantinya justru tidak ada atau kurang berguna buat anak-anak. Secara konkret, perlu diperhatikan kondisi orangtua dan anak di setiap daerah yang tentunya berbeda. Belum lagi kondisi sekolah di setiap daerah juga berlainan Ada banyak pertanyaan yang harus dijawab terlebih dulu oleh pemerintah. Misalnya, mengapa memilih konsep FDS, kenapa tidak konsep yang lain, bagaimana konsep FDS yang akan diberlakukan secara nasional ini, bagaimana riset atau data-datanya, apa saja kondisi yang diperhatikan, apa kondisi yang menguatkan bahwa FDS penting diterapkan, apa tujuan yang ingin dicapai, bagaimana melaksanakan dan sebagainya.

Jadi semua harus jelas terlebih dulu, butuh kondisi yang bisa dipetakan, butuh kesiapan dan persiapan guru, butuh banyak sekali prasyarat untuk melaksanakannya dan butuh proses yang sangat panjang. Pertanyaan penting lainnya yang perlu dijawab adalah apakah penerapan FDS ini menjadi prioritas? Sebetulnya apa prioritas Kemedikbud dalam rentang waktu 2 tahunan sisa masa jabatannya ini? Bila memang seperti yang diutarakan Mendikbud, bahwa untuk meningkatkan pendidikan karakter, perlu juga diperjelas seperti apa pendidikan karakter yang diinginkan dan dikembangkan?
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI