Tampilkan di aplikasi

Bisnis busy book dan busy bag, pesanan bertumpuk dari buku sibuk

Tabloid NOVA - Edisi 1487
22 Agustus 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1487

Bisnis edukasi untuk anak lewat permainan kini makin marak dengan hadirnya busy book. Meski mahal, buku penuh kegiatan ini banyak diminati. Dua produsen berikut ini ikut meramaikan bisnis busy book di Indonesia dengan berbagai kreasinya. / Foto : Dok Pri

NOVA
Hayyu Flanel Bisa Pesan Sesuai Keinginan. Gemar membuat kerajinan tangan sejak dulu mendorong Dwi Asih Andarwati (36) membuat aneka produk rumahan dari kain flanel sejak empat tahun silam. Di antaranya, stoples dan wadah tisu. Setahun belakangan, Asih mulai merambah membuat busy book, sebuah buku berisi beragam aktivitas yang bisa dilakukan anak-anak. “Sebetulnya saya sudah lama ingin membuat busy book ini, tapi belum sempat karena banyak pesanan produk lain. Setelah sempat membuat, saya jadikan sampel dan saya pajang di Facebook dan Instagram saya. Alhamdulillah langsung laku. Setelah itu, ada lagi yang pesan, akhirnya terus mengalir pesanan sampai sekarang. Malah, busy book sekarang mendominasi pesanan di Hayyu Flanel, di samping boneka jari,” ujar Asih senang.

Sama seperti busy book yang dilihatnya banyak dijual di luar negeri, Asih juga membuat busy book seluruhnya dari kain flanel. Alasannya, selain kuat, busy book yang ia buat juga aman untuk anak lantaran seluruh bagiannya tidak menggunakan logam. “Pinggirnya saya jahit feston, menempelnya pun bukan dengan lem, tapi dengan dijahit. Menyambung halaman pun juga dijahit. Jadi, bisa dicuci dan tidak gampang lepas,” imbuh Asih. Untuk membuat aktivitas setiap halamannya, selain banyak mendapatkan ide dari busy book luar neHayyu Flanel Bisa Pesan Sesuai Keinginan geri, perempuan yang tinggal di Malang ini juga rajin mencari ide dari pelajaran siswa TK. “Bisa juga berdasarkan permintaan pemesan, karena temanya bisa dibuat sesuai permintaan. Namun, saya juga punya yang standar,” tuturnya. Busy book standar yang dibuat Asih umumnya terdiri dari 10 halaman dengan sekitar 10-14 buah aktivitas. Sedangkan yang sesuai permintaan, ia pernah membuat sampai 14-16 buah aktivitas dengan jumlah halaman yang lebih banyak. Asih menggolongkan busy book buatannya menjadi dua, tergantung usia dan jenis kelamin.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI