Tampilkan di aplikasi

Modal besar masa depan anak

Tabloid NOVA - Edisi 1493
3 Oktober 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1493

Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik bagi putra-putrinya. Baik dalam hal pendidikan, pekerjaan, rumah tangga, spiritual, dan sebagainya. Dalam hal pendidikan, orangtua berupaya agar buah hatinya bisa mendapatkan pendidikan yang bagus, sehingga mereka kelak akan survive menjalani kehidupan. Instansi pendidikan pun berlomba-lomba menawarkan sistem pendidikan yang diharapkan mampu mengakomodir kebutuhan anak-anak, juga mimpi orangtua.

NOVA
Di sisi lain, seperti dilansir Harian Kompas, hasil tes PIAAC atau Programme for the International Assessment of Adult Competencies terbaru, survei terhadap tingkat kecakapan orang dewasa yang dilakukan oleh OECD (Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan) menunjukkan hasil yang sangat memprihatinkan. Indonesia terpuruk di peringkat paling bawah pada hampir semua jenis kompetensi yang diperlukan orang dewasa untuk bekerja dan berkarya sebagai anggota masyarakat.

Sebutlah seperti kemampuan literasi, numerasi, dan kemampuan pemecahan masalah. Skor Indonesia terendah di hampir semua kategori umur. Ini berarti ada yang salah dalam kebijakan pembangunan kualitas manusia Indonesia. Selain itu, seperti dikutip Tempo.co, United Nations Development Programme (UNDP) mencatat nilai Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Index) Indonesia tahun 2015 sebesar 0,684. Dengan nilai tersebut, Indonesia menduduki peringkat ke-111 dari 188 negara, peringkat yang sudah ditempati Indonesia selama tiga tahun berturut- turut sejak 2012.

Sebagai informasi, indikator HDI UNDP terdiri atas empat variabel, yakni angka harapan hidup, harapan tahun bersekolah, ratarata waktu sekolah yang sudah dijalani orang berusia 25 tahun ke atas, dan pendapatan nasional bruto per kapita (GNI). Ini bisa diartikan bahwa ada yang kurang dalam sistem pendidikan di Indonesia. Tahun 2001, Departemen Pendidikan Nasional mengembangkan konsep Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education), suatu pendidikan yang dapat membekali peserta didik dengan kecakapan hidup, yaitu keberanian menghadapi problema hidup dan kehidupan secara wajar tanpa merasa tertekan, kemudian secara kreatif menemukan solusi serta mampu mengatasinya.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI