Tampilkan di aplikasi

Soal uang belanja pribadi, kenapa harus diam-diam?

Tabloid NOVA - Edisi 1493
3 Oktober 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1493

Sebuah studi dilakukan majalah Marie Claire pada 1.500 perempuan di usia 20-40 tahun. Hasilnya, para 80 persen wanita tidak jujur pada pasangan saat mengatakan berapa banyak uang yang dihabiskan untuk belanja.

NOVA
Berdasar studi tersebut Anindita Citra Setiarini, M. Psi, Psikolog mengartikan sebagian besar komunikasi antar pasangan berjalan tidak sehat. Dewasa ini, masih banyak orang yang menganggap membicarakan mengenai keuangan sebagai hal yang tabu sehingga cenderung menghindarinya. Padahal, lanjut perempuan yang akrab dipanggil Citra ini, komunikasi adalah salah kunci utama kesuksesan dalam sebuah hubungan. “Biasanya, perempuan akan merasa bersalah apabila membelanjakan uangnya untuk barang-barang mahal yang sebenarnya tidak perlu, terlebih untuk penggunaan pribadi. Entah itu untuk membeli lipstik dengan shade terbaru atau bahkan membeli paket perawatan kecantikan di klinik ternama.” Alhasil, ia berusaha menutupinya dari pasangan.

Mengapa terjadi demikian? “Tidak jarang, suami dan istri memiliki cara pandang yang berbeda dalam mengelola uang karena adanya perbedaan pola asuh maupun pola pikir. Yang salah bukanlah perbedaannya, melainkan tidak adanya usaha berdiskusi dan mencari jalan keluar terbaik untuk tujuan bersama.” Selain menyembunyikan pengeluaran belanja untuk kebutuhan pribadi, fenomena yang cukup sering terjadi adalah menyembunyikan pengeluaran untuk menyantuni anggota keluarga, seperti orangtua atau saudara kandung yang membutuhkan. “Niatnya memang positif, tetapi apabila dilakukan secara diam-diam, maka tindakan ini tidak jauh berbeda dengan perselingkuhan.

Ada baiknya pasangan membicarakan ke mana saja uang akan disalurkan untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman dan pertengkaran,” tandas Citra yang praktik di Klinik Lighthouse ini. Tak Hanya Perempuan Tak hanya ibu rumah tangga yang tak terbuka soal pengeluaran pribadi, ibu bekerja pun bisa bertindak sama. Perbedaan menyolok adalah dari sumber keuangannya. “IRT kemungkinan besar akan bergantung secara ekonomi dengan pasangannya, terlebih apabila tidak memiliki usaha atau sumber penelitian lain.”
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI